Perbedaan Frontend dan Backend - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Frontend dan Backend

Perbedaan Frontend dan Backend

Perbedaan Frontend dan Backend

Berkaitan dengan proses web development, front end adalah apa yang pengguna lihat pada tampilan sebuah website dan back end adalah sistem di balik layar yang mengolah database dan juga server. Berikut ini perbedaan frontend dan backend.   

Front End

Front - End adalah seseorang developer yang bekerja membuat website atau aplikasi di bagian desain layout suatu website atau aplikasi, dimana seorang developer akan mengerjakan user interface agar desain terlihat menarik dan tidak terlihat membosankan untuk dilihat. Seorang Front - End developer wajib menguasai program HTML, CSS, Javascript dan juga framework seperti jQuery, Bootstrap, Material UI dan lain sebagainya.

Back End

Back End adalah seseorang developer yang bekerja membuat website atau aplikasi bisa berjalan dan bisa digunakan oleh pengguna, misalnya membuat program CMS [Content Management System] (dashboard, halaman admin, dll). Seorang back - End developer biasanya menguasai bahasa program seperti PHP, Java, dan juga menggunakan framework seperti Code Igniter, Laravel dan lain sebagainya. Seorang Back - End developer  biasanya memahami database seperti MySQL, SQL Lite, dan lain sebagainya. 

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.