Cara Belajar Bahasa Pemrogaman Secara Efektif dan Efisien - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Bahasa Pemrogaman Secara Efektif dan Efisien

Cara Belajar Bahasa Pemrogaman Secara Efektif dan Efisien 

Cara Belajar Bahasa Pemrogaman Secara Efektif dan Efisien

Cara belajar bahasa pemrogaman secara efektif dan efisien membutuhkan kesabaran, ketelitian, ketekunan agar menjadi programer yang profesional dan handal.

1. Menentukan Bahasa Pemrogaman Yang Akan DiPelajari

    Bahasa Pemrogaman itu beragam jenis mulai dari C, C ++, Dart, Golang, Java, Perl, PHP, Python dan lain - lain. Khusus untuk pemula yang ingin menjadi programmer, tentukan terlebih dahulu pilih bahasa pemrogaman yang sesuai dengan keperluan kebutuhan kita (pembuatan website, pembuatan aplikasi atau pembuatan website berbasis aplikasi baik di desktop maupun mobile) itu tergantung pilihan anda.

2. Mencari Sumber  Referensi  

    Kalian bisa mencari sumber referensi tentang mengenai bahasa pemrogaman di google, yahoo, mozilla, opera mini. Anda bisa mempelajari bahasa pemrogaman di Group (Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Instagram dan lain - lain), Forum, Website dan YouTube. Berikut ini contoh website forum komunitas untuk belajar programming :


3. Pelajari Dasarnya Terlebih Dahulu

    Anda ingin menjadi programmer yang profesional dan handal, yang pasti anda harus pelajari dasar terlebih dahulu. Sebelum kalian ingin menjadi programmer, anda harus mengetahui terlebih dahulu mulai dari pengenalan, aturan penulisan (syantax) sebuah kode, aturan konsep bahasa pemrogaman itu sendiri mulai dari (variabel, konstanta, float, tipe data dan lain "), logika dan algoritma.

4. Membuat Program Sederhana

    Buatlah project program secara sederhana mulai dari membuat halaman login, operasi hitung matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), biodata diri dan lain ".

5. Fokus Terus Berlatih

    Setelah anda sudah bisa membuat project program secara sederhana, teruslah berlatih dan fokus selesaikan bahasa yang sudah kamu pelajari satu persatu. Jangan lupa belajar dan berlatih, agar menjadi programmer yang professional dan handal.

6. Istirahat Yang Cukup

    Jangan lupa untuk istirahat yang cukup, agar tidak terjadi stress. Anda juga bisa refreshing (mencari hal yang baru, bermain game, atau kegiatan yang anda membuat menjadi lebih tenang dan santai). Dengan istirahat yang cukup, kita bisa lebih cepat memahami materi yang siap untuk kita pelajari selanjutnya. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.