Jangan Lakukan Hal Ini Saat Presentasi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Presentasi

 Jangan Lakukan Hal Ini Saat Presentasi

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Presentasi

Berikut ini jangan lakukan hal ini saat presentasi :

1. Panik Saat Mendapat Pertanyaan Sulit

    Jika anda mendapat pertanyaan sulit, hadapi setenang mungkin dan jangan sampai terlihat gugup. Apabila anda tidak mengetahui jawaban ketika seseorang bertanya, katakan sejujurnya, kemudian anda berjanji akan belajar untuk mencari jawaban.

2. Menggunakan Gambar Atau Video Tanpa Credit (Copyright / Hak Cipta)

    Jika mungkin memang pemilik video atau foto tidak mengetahui karyanya, anda gunakan untuk presentasi. Tapi untuk lebih baik, anda mencantumkan sumber video / foto yang anda gunakan untuk menghargai pemiliknya.

3. Hanya Berdiri Di Satu Tempat Presentasi

    Berdiri di satu tempat sambil berbicara tidak akan membuat anda menjadi terlihat keren. Cobalah berjalan - jalan sambil menghampiri audiens (penonton). Selain anda akan terlihat lebih santai, audiens (penonton) juga bisa merasakan sebuah kedekatan dengan anda jika anda menghampirinya.

4. Meminta Maaf Di Awal Presentasi

    Sering kali ada presenter yang meminta maaf di awal presentasi. Tujuannya agar audiens (penonton) memaklumi, jika anda melakukan kesalahan, padahal akibatnya justru anda akan tampak kurang percaya diri dan tidak siap untuk mempresentasikan materi anda.    

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.