Jenis Komponen Komputer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Komponen Komputer

Jenis Komponen Komputer 


Berikut ini macam - macam pengertian dan penjelasan komponen komputer :

1. Keyboard

     Keyboard adalah salah satu jenis alat input yang terdiri atas berbagai macam tombol mulai dari karakter alfabet, numerik hingga tombol khusus yang memiliki fungsi sesuai dengan jenis tombolnya.

Komponen Komputer Keyboard

2. Mouse

    Mouse adalah alat input yang digunakan untuk menggerakan kursor pada area layar monitor yang biasanya di lengkapi tombol dan fungsi tertentu.

Komponen Komputer Mouse

3. Monitor

    Monitor merupakan jenis perangkat output yang dapat mengubah sinyal digital dari kompsuter melalui port VGA menjadi tampilan grafis, sehingga memungkinkan pengguna dapat melihat gambar atau video.

Komponen Komputer Monitor


4. Casing

     Casing merupakan sebagai tempat rangkaian komputer berbagai perangkat keras, seperti motherboard, power supply, hard disk dan lain ". Casing juga berfungsi untuk melindungi perangkat komputer dari debu, kotoran, panas, dan benturan, serta mampu menyalurkan panas hasil kerja komputer.

Komponen Komputer Casing

5. Power Supply

    Power Supply adalah sebuah device perangkat keras (hardware) yang berbentuk kotak yang memiliki sambungan terminal listrik AC. Power Supply berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen komputer.


Komponen Komputer Power Supply

6. Memori

    Memori berfungsi menyimpan semua proses yang akan dikerjakan dalam CPU dan setiap data yang akan diproses atau yang dihasilkan oleh CPU. Ada 2 jenis memori utama, yaitu :

a. ROM (Read Only Memory)

         ROM merupakan memori yang menyimpan data BIOS (Basic Input Output System) dan berfungsi untuk mengatur komponen " dalam komputer.

Komponen Komputer ROM

b. RAM (Random Access Memory)

        RAM merupakan memori yang mendukung proses penulisan dan pembacaan data yang tersimpan ketika komputer sedang bekerja.

Komponen Komputer RAM

7. Processor

    Processor merupakan bagian dari komputer yang paling penting. Setiap data yang dimasukkan oleh input akan diproses sesuai instruksi yang diberikan.

Komponen Komputer Processor

8. Hard Disk

    Hard Disk merupakan salah satu jenis media penyimpanan yang menggunakan teknologi magnetic disc dan memiliki karakteristik moved head disc, permanent disc, double side dan multi platter.

Komponen Komputer Hard Disk

9. CD - DVD Room

    CD / DVD Room adalah sebuah device perangkat keras (hardware) pada komputer yang berbentuk piringan hitam (balok) yang berfungsi untuk membaca data dari CD / DVD

Komponen Komputer CD / DVD Room

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.