Pengenalan Software Aplikasi Winbox - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Software Aplikasi Winbox

 Pengenalan Software Aplikasi Winbox

Pengenalan Software Aplikasi Winbox

Pengertian

Winbox adalah salah satu aplikasi untuk konfigutasi Mikrotik RouterOS menggunakan GUI. Aplikasi Winbox bisa berjalan pada windows dan linux. Semua fungsi pada aplikasi Winbox hampir mirip dengan fungsi console (command line).

Winbox merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk setting mikrotik. Jadi, Winbox adalah utility yang digunakan untuk konektivitas dan konfigurasi MikroTik menggunakan MAC Address atau protokol IP. Dengan winbox kita dapat melakukan konfigurasi MikroTik RouterOS dan RouterBoard menggunakan mode GUI dengan cepat dan sederhana.

Winbox adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows. Kebanyakan teknisi banyak mengkonfigurasi mikrotik os atau mikrotik routerboard menggunakan winbox di banding dengan yang mengkonfigurasi langsung lewat mode CLI (Command Line Interface). Hal ini karena menggunakan winbok dirasa lebih mudah dan simple dibanding melalui browser. Dan hasilnya pun juga lebih cepat. 

Pengertian Winbox merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan administrasi terhadap Mikrotik RouterOS dengan mudah, cepat, dan didukung dengan tampilan GUI.

Platform Winbox ini mendukung sistem operasi Linux, MacOS dan juga Windows. Anda juga bisa menggunakan Winbox ini untuk melakukan administrasi Mikrotik berbasis Web.,


Fungsi

Berikut ini fungsi dari software aplikasi winbox, sebagai berikut.
1. Aplikasi software winbox mudah di install dan dipakai,

2. Mudah, ringan, cepat dan tepat dalam penggunan jaringan untuk software aplikasi winbox.

3, Setting mikrotik router dalam mode GUI.

4. Dapat setting bandwih jaringan internet.

5. Mempermudah dalam mempercepat pekerjaan.

6. Memblokir sebuah website dan situs.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.