Cisco Packet Tracer : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Kegunaan - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cisco Packet Tracer : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Kegunaan

Cisco Packet Tracer : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Kegunaan

Pengertian tujuan fungsi kegunaan cisco packet tracer
Berikut ini pengertian tujuan fungsi kegunaan Cisco Packet Tracer :

Pengertian

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco System dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking  Academy.

Tujuan

Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill pengetahuan dan keterampilan dalam merancang membangun sistem jaringan komputer  dengan  alat-alat jaringan Cisco Packet Tracer ini.

Fungsi

  1. Packet Tracer memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi dan membangun jaringan dengan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan. Ini memberikan pengalaman praktis yang dapat kalian terapkan di kelas dan bahkan di tempat kerja. Berlatih dan pelajari keterampilan baru yang dapat kalian gunakan untuk menyelesaikan proyek kehidupan nyata dalam membangun sebuah jaringan.
  2. Mendukung berbagai teknologi protokol Routing CCNA, keamanan, dan sumber daya TI penting lainnya.
  3. Cisco Packet Tracer kalian dapat menggunakannya untuk memantau logistik transfer paket, transfer data, dan lainnya dalam waktu nyata dalam membangun sistem jaringan.
  4. Fitur komunitasnya memudahkan kalian untuk berbagi ide, berlatih, dan belajar dari instruktur lain.
  5. Memungkinkan kolaborasi antara banyak pengguna dan teman, menawarkan pengalaman belajar yang kompetitif.
  6. Cisco Packet Tracer itu untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata / kerja.
  7. Cisco Packet Tracer untuk menganalisa memonitoring dalam  merancang, membangun sistem jaringan komputer.
  8. Cisco Packet Tracer juga dapat  sebagai simulasi praktek (latihan) para  mahasiswa baik siswa maupun siswi dalam merancang sebuah jaringan internet.

Kegunaan

Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Fitur software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, dalam menganalisa, merancang,  memonitoring dalam sistem jaringan.
Cisco Packet Tracer digunakan untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja. Dengan Cisco Packet Tracer orang lain dengan  memudahkan dalam merancang membangun sebuah jaringan,  karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa membutuhkan biaya yang  cukup mahal. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.