Jenis Alat Optik - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Alat Optik

 Jenis Alat Optik

Jenis alat optik

Manusia mempunyai mata untuk melihat dan mengamati lingkungan. Karena mata mempunyai keterbatasan untuk melihat, mengamati dan menyelidiki benda yang kecil atau benda yang sangat jauh maka manusia menggunakan alat bantu penglihatan. Peralatan tersebut dinamakan alat optik. Alat optik bekerja menggunakan prinsip - prinsip optika. Berikut ini jenis alat optik. 

1. Mata

     Mata adalah satu -  satunya alat optik yang membuat manusia bisa melihat lingkungan sekitarnya. Agar manusia dapat melihat diperlukan syarat dan mekanisme tertentu bagian mata (iris, kornea, pupil, retina).

2. Kaca Pembesar (Lup)

     Lup adalah alat yang digunakan untuk melihat benda - benda agar terlihat lenih besar dari ukuran sebenarnya. Oleh karena itu, Lup sering disebut sebagai kaca pembesar. Lup menggunakan lensa cembung yang mempunyai kemampuan membentuk bayangan maya, tegak dan diperbesar jika benda diletakkan antara lensa dan titik fokusnya.

3. Mikroskop

    Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda - benda yang sangat kecil. Mikroskop terdiri dari dua lensa cembung. Lensa cembung yang dekat dengan objek yang diamati disebut lenesa objektif sedangkan lensa yang dekat mata disebut lensa okuler. Lensa okuler pada mikroskop berfungsi seperti Lup.

4. Kamera

    Kamera adalah alat yang digunakan untuk merekam suatu objek. Prinsip kerja kamera  hampir mirip dengan mata. Lensa kamera merupakan bagian dari kamera yang berfungsi untuk memfokuskan bayangan, mirip dengan lensa mata pada mata. 

5. Teleskop

    Teleskop sering juga disebut sebagai teropong merupakan alat optik yang sering digunakan untuk melihat - lihat benda yang jauh sehingga tanpak lebih dekat dan lebih jelas. 

6. Periskop

    Periskop berfungsi sebagai teropong yang digunakan pada kapal selam. Periskop berfungsi untuk melihat permukaan laut tanpa memunculkan badan kapal selam di atas permukaan laut. 

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.