Jenis Rangkaian Resistor Seri dan Paralel - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Rangkaian Resistor Seri dan Paralel

 Jenis Rangkaian Resistor Seri dan Paralel

Jenis rangkaian resistor seri dan paralel

Jenis rangkaian resistor dapat dibedakkan menjadi 2 (dua) macam, yaitu sebagai berikut : 

A. Rangkaian Seri

     - - > Rangkaian seri merupakan rangkaian tertutup yang terdiri atas dua atau lebih komponen resistor yang dihubungkan secara sejajar atau seri. Rumus untuk menghitung besaran total hambatn dari rangkaian seri resistor, yaitu :
Rtotal = R1 + R2 + R3 + . . . + RnA
Adapun nilai arus listrik yang mengalir di setiap resistor memiliki nilai yang sama sehingga diperoleh rumus sebagai berikut :
L1 = L2 = L3 = L4 . . . = Ln
Untuk mengetahui nilai besaran tegangan total yang mengalir pada rangkaian seri resistor menggunakan rumus :
Vtotal = V1 + V2 + v3 + . . . Vn

B. Rangkaian Paralel

     - - > Rangkaian paralel merupakan jenis rangkaian resistor yang terhubung secara paralel antara kaki resistor yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, jika salah satu resistor rusak atau mati, arus listrik tetap dapat mengalir ke resistor yang lainnya. Hal tersebut menyebabkan nilai tegangan yang di setiap titik resistor memiliki besaran yang sama dan dapat dirumuskan sebagai berikut :
Ltotal = L1 + L2 + L3 + L4 . . . + Ln

Karena nilai tegangan yang bersifat sama, maka total kuat arus listrik keseluruhan merupakan penjumlahan setiap besar arus listrik yang mengalir pada masing " resistor. Dengan demikian dapat dirumuskan sebagai berikut.
1 / Rtotal = 1 / R1 + 1 / R2 + 1 / R3 + . . . 1 / Rn

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.