Perbedaan Meteoroid dengan Komet dan Asteroid - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Meteoroid dengan Komet dan Asteroid

 Perbedaan Meteoroid dengan Komet dan Asteroid


Berikut ini pengertian dari meteoroid, komet, asteroid :

1. Meteoroid

    - Meteoroid adalah benda langit yang belum melewati atau memasuki atmosfer bumi dan tidak terpengaruh oleh medan grativasi bumi.

    - Meteor adalah benda langit yang memasuki lapisan atmosfer bumi dan terbakar karena gesekan dengan atmosfer bumi.

   - Meteorit adalah meteor yang tidak habis terbakar seluruhnya, sehingga meteor tersebut jatuh di permukaan bumi.


2. Komet 

    Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat lonjong. Komet terdiri atas es yang sangat padat dan orbitnya lebih lonjong daripada orbit planet. Ekor komet selalu menjauhi matahari.Berikut nama " komet, antara lain :

  1. Komet Encke
  2.     Komet Encke merupakan komet yang paling sering mendekati matahari. Hal ini terjadi karena lintasan dari komet ini merupakan lintasan terpendek daripada lintasan komet lainnya, yaitu hanya 3,3 km.

  3. Komet Halley
  4.     Komet Halley merupakan komet yang memiliki periode kemunculan 76 tahun sekali komet ini terakhir muncul pada tahun 1986.

  5. Komet Kohoutek
  6.     Komet Kohoutek merupakan komet yang paling lama periode kemunculan yaitu setiap 75.000 tahun sekali. Komet ini terakhir melintasi bumi pada tahun 1974.


3. Asteroid

    Asteroid adalah benda - benda angkasa dengan ukuran kecil yang mengelilingi matahari yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter. Asteroid terbesar berdiameter 770 km. Asteroid terbentuk bersamaan dengan pembentukan planet berdasarkan susunannya. Asteroid diduga berasal dari pecahan planet yang hancur. Asteroid yang pertama kali di teliti diberi nama Ceres. Penelitian ini dilakukan pada 1801 oleh seseorang astronom Italia bernama Guiseppa Piazzi. 

     Asteroid yang mempunyai ukuran besar antara lain : Ceres, Pallas, Vesta, Higeia, Interamnia dan Davida. 


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.