Cryptography : Pengertian - Cara Kerja - Tujuan - Proses - Prinsip - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cryptography : Pengertian - Cara Kerja - Tujuan - Proses - Prinsip

  Pengertian - Cara Kerja - Tujuan - Proses - Prinsip Cryptography

Pengertian - Cara Kerja - Tujuan - Proses - Prinsip Cryptography

Berikut ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, cara kerja, prinsip, tujuan, proses cryptography.

Pengertian

- - > Cryptography adalah ilmu yang menggunakan matematika untuk menyimpan informasi, mengamankan data untuk mengirim ke jaringan (seperti internet), sehingga tidak dapat dibaca oleh siapapun kecuali si penerima yang dituju dalam berkomunikasi yang aman.


Tujuan 

Cryptography adalah suatu teknik menyembunyikan suatu teks data yang bertujuan untuk mengamankan file agar tidak dihack / diambil orang tidak bertanggung jawab. Jika ada yang mengambil file tersebut pasti orang itu ahli cryptography.


Cara Kerja 

- - > Cryptography berkerja dalam kombinasi dengan kunci yang berupa kata, nomor / angka, frase (simbol) untuk mengenkripsi teks keamanan data. Dalam teknik cryptography ini kita juga harus menggunakan unsur algoritma yang kuat untuk mengenkripsi / mendekripsi suatu sebuah file data maupun tulisan.


Prinsip 

  1. Plaintext : Pesan yang dapat dibaca.
  2. Ciphertext : Pesan acak yang tidak dapat dibaca.
  3. Key : Kunci untuk melakukan teknik cryptography.
  4. Algorithma : Metode untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

Proses 

  1. Enkripsi (encryption) : proses teknik dimana suatu data akan disembunyikan berupa kode untuk bertujuan dalam mengamankan data berkomunikasi..
  2. Dekripsi (decryption) : proses teknik konversi (mengubah) sebuah data file yang sudah di enkripsi kembali menjadi data asli (original), sehingga dapat dibaca / dimengerti kembali. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.