Jenis Fungsi Perangkat Jaringan Komputer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

 Jenis Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Jenis Fungsi Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer adalah perangkat yang memungkinkan perangkat komputer untuk saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Berikut ini jenis fungsi perangkat jaringan komputer :

1. Router

    Fungsi Router adalah sebagai alat penghubung antar dua komputer atau lebih supaya dapat berbagai data dari satu komputer atau ke komputer lain. Router sendiri adalah perangkat jaringan komputer yang beroperasi menggunakan jaringan atau koneksi internet dalam bertukar data, hal tersebut biasanya melalui proses yang disebut routing.

2. Wireless Card

   Wireless card merupakan salah satu perangkat jaringan yang mampu menghubungkan dua device atau alat tanpa menggunakan kabel. Perangkat ini juga dapat menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih sehingga dapat saling terhubung melalui jaringan Wi - Fi tanpa harus menggunakan kabel.

3. Konektor

    Konektor merupakan salah satu perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Jika konektor tidak terpasang di perangkat komputer, maka komputer tidak akan berjalan dengan optimal. Maka dari itu, konektor salah satu alat penting bagi perangkat jaringan komputer. 

4. Modem

    Modulator demodulator atau yang disebut modem adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang dapat merubah data sinyal menjadi analog kemudian kembali lagi menjadi data sinyal digital, sehingga kinerja komputer dapat berjalan. Ketika modem telah merubah sinyal analog menjadi sinyal digital kembali, maka ia akan menghantarkannya ke komputer.

5. Kabel 

     Perangkat kabel adalah salah satu komponen terpenting yang berfungsi sebagai penghantar arus dan penghubung antara dua komputer atau lebih agar dapat bertukar data. Kabel sendiri mempunyai beberapa jenis yang digunakan dalam perangkat komputer. Biasanya kabel tersebut berjenis Unshielded Twister Pair (UTP), kabel UTP, kabel STP dan beberapa jenis lainnya. 

6. Hub

     Hub adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk membagi server ke jaringan lain. Hub sendiri mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya apabila hub mengalami gangguan maka transmisi jaringan ke komputer akan terganggu atau tidak dapat berjalan. Karena hal tersebut, hub tidak dapat mengatur kecepatan data yang dikirimkan ke komputer lain.

7. Switch 

     Switch adalah perangkat jaringan yang hampir mirip dengan hub. Namun, ada beberapa perbedaan yang diantara dua perangkat jaringan tersebut. Switch dianggap lebih pintar dalam membagi sinyal koneksi dibandingkan dengan hub. Switch juga dapat mengatasi masalah collisicion data atau tabrakan data. Selain itu, switch mempunyai beberapa kelebihan lain, seperti kecepatan pengiriman data dan luas jaringan yang lebih baik dari hub.

8. Access Point

     Access point merupakan perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan router. Namun, fungsi access point yang sebenarnya adalah untuk memancarkan sinyal yang berasal dari router dan kemudian digunakan untuk membuat jaringan WLAN. Access point terdiri dari transceiver dan antena yang digunakan untuk menerima sinyal dari client atau sebaliknya dari transmisi. Adanya access point, kita dapat terhubung dengan jaringan LAN tanpa menggunakan kabel atau nirkabel.

9. Repeater

     Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi memperkuat sinyal pada jarak jauh dan memperluas jangkauan sinyal wifi sehingga perangkat lain dapat terhubung. 
     Sistem kerja dari repeater adalah dengan cara menerima sinyal dari server, setelah itu memancarkannya kembali dengan jangkauan yang luas dan kuat.

10. Bridge

        Perangkat bridge adalah sebuah perangkat yang berfungsi memperluas jaringan satu bentuk ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan sebagai pada perangkat lainnya. Sebelum bridge membuat tabel internal secara otomatis, perangkat ini harus mengenali alamat MAC yang berfungsi mentransmisikan sebuah data ke dalam jaringan. Adapun keunggulan dari perangkat jaringan ini yaitu dengan adanya tabel internal bridge, dapat menentukan segmen manakah yang akan di saring (pilih).

11. LAN Card

       LAN Card merupakan perangkat jaringan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan perangkat lain, yaitu dapat menghubungkan perangkat  satu dengan yang lainnya dalam berbagi data. Namun, dalam LAN Card harus menggunakan kabel agar lalu lintas data dapat berjalan dengan optimal. LAN Card juga berfungsi sebagai pengubah aliran data dari bentuk paralel menjadi serial, sehingga data akan ditransmisikan melalui media jaringan kabel UTP.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.