Jenis Konektor Jaringan Yang Digunakan Oleh Perusahaan ISP - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Konektor Jaringan Yang Digunakan Oleh Perusahaan ISP

 Jenis Konektor Jaringan Yang Digunakan Oleh Perusahaan ISP
Jenis Konektor Jaringan Yang Digunakan Oleh Perusahaan ISP

Berikut ini jenis konektor jaringan yang digunakan oleh perusahaan isp :

1. Konektor BNC

Jenis Konektor Jaringan BNC

     BNC (Bayonet Neill Concelman) merupakan salah satu jenis konektor yang digunakan untuk terminal kabel Coaxial dan jenis konektor BNC yang banyak digunakan adalah jenis RF.  Selain digunakan untuk jaringan, konektor BNC juga sering digunakan untuk CCTV, televisi dan radio.

2. Konektor RJ  

Jenis Konektor Jaringan RJ

     Jenis konektor jaringan yang satu ini merupakan konektor standar yang digunakan untuk jaringan komputer.  RJ sendiri merupakan kependekan dari (Register Jack). Fungsi konektor ini adalah sebagai penghubung kabel jaringan dengan NIC pada perangkat jaringan. 

3. Konektor Biconik

Jenis Konektor Jaringan Biconik

     Konektor biconik merupakan konektor generasi pertama yang digunakan untuk penghubung kabel fiber optik. Walaupun kini sudah sangat jarang penggunaanya, akan tetapi beberapa perangkat lama masih mendukung jenis konektor jaringan yang satu ini. 

4. Konektor FC

Jenis Konektor Jaringan FC

     FC (Fiber Connector), jenis konektor jaringan yang satu ini merupakan konektor yang digunakan untuk kabel Fiber Optik single mode, konektor ini memiliki tingkat akurat yang cukup tinggi, sehingga sangat direkomendasikan oleh para ahli. Sistem yang digunakan pada konektor ini adalah sistem drat ulir sehingga cukup kuat terhadap goncangan.

5. Konektor SC 

Jenis Konektor Jaringan SC

        SC (Subsciber Connector), sama seperti konektor FC, konektor SC juga banyak digunakan penghubung kabel Fiber Optik dengan perangkat jaringan yang lain. Perbedaannya adalah dari sistem yang digunakan, jenis konektor jaringan yang satu ini menggunakan sistem pasang - cabut dalam implementasinya. 

6. Konektor ST 

Jenis Konektor Jaringan ST

     ST (Straight Tip) , jenis konektor untuk kabel Fiber Optik yang satu ini juga banyak digunakan dilapangan, hal ini karena kemudahan dalam penggunaanya yang baik untuk memasang maupun mencabutnya. Konektor ini cukup baik digunakan untuk kabel Fiber Optik Single Mode atau Multi Mode.

7. Konektor LC 

Jenis Konektor Jaringan LC

     Jenis konektor Fiber Optik yang satu ini hanya mirip dengan konektor SC, hanya ukurannya yang lebih kecil dari jenis konektor SC. Jenis Konektor jaringan yang satu ini dapat digunakan untuk Single Mode atau juga Multi Mode.

8. Konektor FDDI

Jenis Konektor Jaringan FDDI

      Jenis konektor yang satu ini banyak digunakan untuk jaringan backbound kecepatan tinggi dengan kecepatan 100 Mbps. 

9. Konektor SMA

Jenis Konektor Jaringan SMA

     Konektor yang satu ini sudah tidak dikembangkan lagi penggunaanya, meskipun jenis konektor ini cukup aman untuk digunakan. Sistem yang digunakan jenis konektor ini adalah sistem ulir, konektor ini banyak digunakan untuk kabel pigtail pada untuk menyambungkan perangkat access point ke antena. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.