Jenis Bahasa Pemrogaman - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Bahasa Pemrogaman

 Jenis Bahasa Pemrogaman

Jenis bahasa pemrogaman

Berikut ini jenis - jenis bahasa pemrogaman :

1. Action Script

     - - > Bahasa pemrogaman yang dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player.

2. Assembly

    - - > Bahasa pemrogaman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrogaman komputer, mikroprosesor dan perangkat lain yang dapat diprogram. Bahasa ini mengimplementasikan atas representasi kode mesin dalam bentuk simbol - simbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia.

3. ASP

        - - > ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

4. Bash

     - - > Bash adalah bahasa yang berjalan di program linux ataupun unix yang berfungsi sebagai penerjemah antar user dan sistem operasi (kernel). Bash adalah salah satu bahasa scripting shell yang banyak digunakan saat ini.

5. C

      - - > Bahasa pemrograman dibuat sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan sistem operasi software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

6. C ++

        - - > C ++ merupakan bahasa pemrograman hight level yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik. Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

7. Clojure

     Clojure adalah dialek bahasa pemrogaman Lisp yang modern, dinamis dan fungsional pada platfrom Java. Clojure bagus cocok untuk melakukan pemrosesan data, karena Clojure memiliki struktur data yang tepat untuk melakukan itu. Clojure memiliki beberapa cara yang sangat bagus untuk menampilkan data dan struktur datanya mudah digunakan.
    

8. ColdFusion

    - - > ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis.

9. C Sharp (#)

    - - > C Sharp adalah bahasa permogaman sederhana yang digunakan untuk tujuan umum dalam berbagai fungsi misalnya untuk pemrogaman server side pada website, membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrogaman game dan sebagainya.

10. CSS

     - - > Casading Style Sheet (CSS) adalah sebuah bahasa stylesheet yang digunakan untuk mendesain dan mengatur suatu tampilan halaman websit yang ditulis dalam bahasa markup.

11.  COBOL

      - - > Common Business Oriented Language (COBOL) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

12. Dart 

    - - > Dart merupakan bahasa pemrogaman yang dirancang untuk mempermudahkan developer untuk mengembangkan aplikasi untuk di segala platform dan  multiplatform yang bersifat Object Oriented Programming (OOP).

13. Delphi

     - - > Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.


14. Fortran (Formula Translator / Translariom)

       Fortran merupakan bahasa pemrogaman tinggi pertama dan prosedural, akan tetapi versi " terbaru fortan, kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan Object Oriented Programming.
Fortran digunakan dalam bidang sains untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, ilmu pengetahuan dan teknik.


15. F # (Sharp)

        F Sharp adalah bahasa pemrogaman fungsional open source yang membuatnya mudah untuk menulis kode yang benar dan maintenance. Pemrogaman F # digunakan diberbagai platform aplikasj dan didukubg oleh komunitas terbuka yang aktif dan perusahaan industri.

16. Go 

        - - > Go / Golang merupakan bahasa pemrogaman yang bersifat open source dan gratis dalam mengembangkan sistem operasi Unix.

17. Haskell 

        Haskell adalah bahasa pemrogaman fungsional murni. Haskell bisa digunakan untuk pengembangan program berbasis CLi, Web Developmen dan biasanya digunakan untuk kepentingan Distributed System.

18.  HTML 

         - - > HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi (gambar, musik dan video) di dalam sebuah browser Internet. 

19. Java 

       - - > Bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform sistem    operasi dari mulai PC / Laptop sampai perangkat mobile.

20. Javascript

         - - > Javascript adalah bahasa pemrogaman untuk mengembangkan front - end website. Javascript juga bisa dapat untuk mengembangkan suatu aplikasi mobile, game dan juga dekstop. 

21. Lisp 

       Lisp (List Processing) merupakan bahasa pemrogaman yang dirancang untuk manipulasi string data dengan mudah. Bahasa pemrogaman ini yang masih umum digunakan untuk pemrogaman kecerdasan buatan (Artifical Intelligence / AI). Lisp juga menggunakan struktur daftar untuk mewakili data. Selain itu, karena program dan data menggunakan struktur yang sama, mudah bagi program Lisp untuk beroperasi pada program lain sebagai data.

22. Matlab

        - - > Matlab (Matrix Laboratory) merupakan bahasa pemrogaman tinggi, tertutup dan case sensitive setiap data dalam menggunakan dasar matriks.

23. Objective - C

       - - > Objective - C yang digunakan pada Mac OS serta smartphone iPhons yang teemasuk ke dalam bahasa pemrogaman berbasisi OOP (Object Orientend Programming).

24. Pascal

        - - > Salah satu bahasa pemrogaman komputer yang sering dipakai untuk belajar algoritma dan logika pemrogama bagi pemula.

25. Perl

       - - > Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

26. PHP

         - - > PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP yang digunakan untuk mengolah data form dari web contoh wordpress, joomla dan drupal.

27. Prolog

        Prolog (Programming In Logic) adalah suatu aplikasi yang memungkinkan kita untuk menggunakan logika sebagai bahasa pemrogaman. Prolog ini merupakan bahasa pemrogaman non - prosedural (bahasa deklaratif)

28. Python

         - - > Bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrogaman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. 

29. R

        - - > R adalah sistem bahasa pemrogaman perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan statistik untuk memanipulasi, perhitungan, mengolah dan menganalisis data grafik yang handal.

30. Ruby

        - - > Ruby adalah bahasa skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

31. Smalltalk

       Smalltalk adalah bahasa pemrogaman object oriented dan dynamically type (tipe dinamis). Smalltalk dirancang dan dibuat sebagian untuk keperluan pendidikan, khususnya untuk pembelajaran.

32. Swift

        - - >  Swift adalah bahasa pemrogaman yang dipakai untuk mengembangkan software aplikasi macOS / iOS.

33. SQL

         - - > SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk khusus mengakses data management. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

34. Type Script

        - - > Bahasa pemrogaman open source berbasis javascript yang memiliki fitur  strong - typing dan menggunakan konsep pemrogaman berbasis objek (OOP) klasik yang dirancang untuk pengembangan aplikasi.

35. Visual Basic

        - - > Visual Basic merupakan bahasa pemrogaman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrogaman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software dan bahasa pemrogaman ini dikembangkan untuk membuat software - software berbasis sistem operasi windows.

36. WML

        - - > WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

37. XML

      - - > Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.