Jenis Istilah Perangkat Jaringan Komputer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Istilah Perangkat Jaringan Komputer

 Jenis Istilah Perangkat Jaringan Komputer

Jenis istilah perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer adalah alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi. Sebuah komputer yang digunakan biasanya memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya router, wireless, wireless card, lan card dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini jenis - jenis istilah perangkat jaringan komputer :

1. IP Address

     IP Address adalah alamat numerik (numeric address) unik dari sebuah komputer di internet. Angka unik tersebut berupa deretan angka biner antara 32 sampai (-) 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

2. Subnet Mask 

      Subnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32 bit yang digunakan untuk membedakkan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringan lokal atau berada di jaringan luar.

3. Gateway

      Gateway adalah sebuah perangkat yang dapat berupa hardware atau software yang digunakan untuk menghubungkan dua aplikasi / dua jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda atau tidak kompatible (tidak cocok), sehingga data / informasi dari satu jaringan komputer dapat ditransfer ke satu jaringan komputer yang protokolnya berbeda.

4. Topologi

      Topologi terkait dengan pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. Terdapat berbagai macam topologi seperti bus, ring dan star.

5. Protokol

      Protokol mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi.

6. NIC

     Network Interface Card (NIC) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet - metode yang sangat cepat dalam mentransfer data antara komputer.

7. Ethernet

     Ethernet merupakan standart teknologi yang digunakan hampir pada seluruh jaringan kabel. Jika komputer anda terhubung ke jaringan kabel, kemungkinan itu menggunakan kabel Ethernet. Kabel yang dihubungkan ke port ethernet pada komputer anda.

8. Network Interface / Network Adapter

     Network Interface adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer pada sebuah jaringan. Contohnya adalah Ethernet Card dan Wifi.

9. LocalHost

     Hostname " Localhost " adalah nama host yang digunakan untuk komputer itu sendiri. Localhost itu sendiri menujuk alamat IP 127.0.0.1.

10. Port

        Ketika sebuah aplikasi ingin mengirim atau menerima lalu lintas, itu harus menggunakan port bernomor 1 sampai dengan 65535. Standar HTTP menggunakan port 80.

11. HTTP

        Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol standar web browser. Terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.

12. URL 

        Unifrom Resource Locator (URL) dikenal juga dengan alamat web. URL suatu website akan ditampilkan di address bar browser anda. 

13. HostName

        Hostname adalah sebuah label yang menujuk ke sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan. Misalnya pada jaringan rumah anda, hostname komputer windows anda mungkin WindowsPC. Perangkat yang lain dapat terhubung ke WindowsPC dan akan menujuk pada alamat IP lokal komputer itu.

14. Bandwith

        Bandwith menujukkan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah hal ini dapat digunakan dalam banyak hal : telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio dan monitor. Paling tepat bandwith diukur dengan putaran per detik (cycles per second) atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

15. Mac Address

        Media Access Control Address (MAC Address) adalah alamat unik yang dirancang untuk mengidentifikasikan setiap interface dalam jaringan komputer. Sering juga disebut Physical Address.

16. NAT

        Network Address Translation (NAT), digunakan oleh router untuk berbagai suatu alamat IP ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, anda mungkin memiliki sebuh router nirkabel / wireless yang menciptakan jaringan wifi yang terkoneksi dengan ke perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain ". ISP anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di internet, IP ini disebut IP Publik.

17. DHCP 

        Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh pada saat anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan wifi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi IP secara manual.

18. WWW

        World Wide Web (WWW) merupakan sesuatu halaman yang berisi gambar, video, file teks dokumen dan audio maupun halaman konten online lainnya yang dapat diakses melalui browser web, untuk mentransfer halaman web ke komputer, anda membutuhkan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

19. SSL

       Secure Socket Layer (SSL) adalah cara untuk sebuah website untuk membangun koneksi yang aman (terenkripsi) antara web server (website) dengan client (browser) atau mail server dengan mail client, sehingga koneksi antara client dengan server dapat berjalan secara aman dari pihak lain yang tidak berkepentingan.

20. ISP

      Internet Server Provider (ISP) adalah sebuah lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

21. Internet

       Interconnected Network (Internet) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protocol internet (TCP / IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia, sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.