Jenis Tipe Karakteristik Hacker - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Tipe Karakteristik Hacker

Jenis Tipe Karakteristik Hacker

Hacker dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan, niat dan metode yang mereka gunakan. Berikut adalah beberapa jenis tipe karakteristik hacker yang umum :

1. White Hat

      Jenis tipe hacker ini menggunakan kemampuan hackingnya untuk bertujuan yang baik, seperti menguji sistem keamanan dan melihat bagaimana cara melakukan pengujian sistem keamanan (penetration testing / pentest) dalam mengidentifikasi menjaga sebuah celah pada suatu sistem komputer. Hacker White Hat ini disebut juga sebagai bug hunter (mencari sebuah bug pada situs website berbasis aplikasi) dan mendapatkan reward / hadiah (uang atau sertifikat) yang disebut juga bug bounty. Apabila terdapat sebuah suatu celah sistem keamanan, jenis tipe hacker white hat inilah melaporkannya kepada admin / administrator untuk bertujuan baik, agar tidak terjadi kebocoran suatu informasi data [ account (akun), email, password dan kartu kredit ].

2. Black Hat - Cracker 

     Jenis tipe hacker ini menggunakan kemampuan hackingnya untuk bertujuan yang tidak baik. Tipe hacker ini, ketika menemukan sebuah celah suatu sistem keamanan dan mencari sistem kerentanan pada situs website berbasis aplikasi ini temukan di PC / Personal Computer, laptop individu, organisasi dan sistem bank. Mereka sangat mudah dapat meretas ke dalam jaringanmu dan mendapatkan akses (mengambil alih / mencuri) ke account / akun informasi pribadi, bisnis dan keuangan kamu, seperti email, password, kartu kredit dan nomor telpon (nomor handphone).

3. Gray Hat

      Jenis tipe hacker ini berada di antara white hat dan black hat. Seseorang hacker ini yang meretas sebuah suatu sistem celah kemananan ke dalam suatu organisasi dan menemukan keretanan terhadap situs website berbasis aplikasi, tipe hacker ini dapat membocorkannya melalui internet dan memberitahukan organisasi hacker tentang hal itu sebagai media pembelajaran pendidikan. 
      Seorang hacker gray hat tidak menggunakan keahliannya untuk keuntungan pribadi, ia bukan black hat yang suka memanfaatkan dalam mendapatkan akses informasi kepentingan keuntungan pribadi. Tipe hacker ini juga bukan white hat yang tidak diizinkan secara hukum untuk meretas keamanan cyber organisasi. 

4. Script Kiddies

      Jenis tipe hacker ini bertujuan untuk mendapatkan penghargaan perhatian kepada teman " mereka yang tidak terlalu peduli dengan keterampilan belajar dalam menggunakan sebuah kode suatu program dan alat yang tidak tersedia. Tipe jenis hacker ini dapat melakukan serangan tanpa menganggu. Teknik serangan yang paling umum digunakan oleh script kiddies, contoh DoS [ jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sehingga komputer tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar ], phising, bruteforce dan DDoS yang menggunakan kode suatu program yang telah dibuat oleh orang lain.

5. Hacktivis - Defacer 

     Jenis tipe hacker ini adalah hacker yang bertindak untuk melakukan kemampuan teknik hackingnya untuk mendapatkan perhatian untuk masalah agama, sosial dan politik. Tipe hacker mereka ini menyerang dan mendapatkan akses ke suatu sistem komputer dan mengungkapkan pesan pendapat terhadap suatu organisasi.


6. Green Hat Hacker

      Jenis tipe hacker ini memiliki karakteristik berkeinginan untuk menjadi hacker (peretas) yang hebat dan sangat ingin tau sebuah suatu celah keamanan sistem keamanan, kamu dapat menemukan mereka di suatu komunitas organisasi. Mereka yang selalu memberikan pertanyaan tentang cara menemukan celah suatu sistem keamanan.

7. Blue Hat Hacker

     Tipe hacker karakteristik ini adalah mereka yang sedang belajar dalam mencari suatu celah sistem keamanan untuk membalas dendam terhadap salah satu di organisasi.

8. Red Hat Hacker

     Tipe karakteristik hacker ini adalah hacker yang menyerang dan menahan dalam suatu serangan celah sistem keamanan dari hacker lain. Tujuan utama dari hacker ini adalah tidak hanya menyerang dan menahan suatu serangan celah sistem keamanan terhadap hacker lain, tetapi juga dalam mengalahkan hacker lain. Red hat hacker akan meluncurkan serangkaian serangan cyber yang agresif dan malware pada hacker lain.

9. Phreaker

    Tipe karakteristik hacker ini adalah hacker yang melakukan bug terhadap dalam sebuah jaringan / telekomunikasi. Contoh : mudahnya orang bisa menelpon / internetan via handphone (bukan karena wifi) secara gratis, padahal seharusnya membayar atau contoh lainnya : seseorang menggunakan bug yang ada di dalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak ada yang mengetahui informasi tersebut hasil sendiri atau diberi tau orang lain). Itu adalah salah satu kegiatan phreaking, dan pelakunya adalah phreaker.

Hacker adalah kelompok yang beragam dengan berbagai tujuan, niat dan metode. Penting untuk memahami berbagai jenis hacker dan tipe karakteristik mereka untuk dapat melindungi diri dari serangan siber.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.