Port Input / Output Pada Mainboard Komputer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Port Input / Output Pada Mainboard Komputer

Port Input / Output Pada Mainboard Komputer

Port Input / Output Pada Mainboard Komputer

Berikut ini port Input / Output Pada Mainboard Komputer

Port PS / 2

Jenis Port PS / 2

PS / 2 merupakan port serial tipe 2, yang secara khusus dirancang untuk peripheral keyboard dan mouse. Pada seri mainboard komputer terbaru, jenis port ini sudah diganti dengan port USB.


Port Serial 

Jenis Port Serial

Port serial atau dapat juga disebut port RS232 merupakan port yang   memiliki bentuk menyerupai trapesium dengan 9 pin, yang dikenal sebagai COM1, COM2, COM3, COM4 dan seterusnya. Transmisi data ke modul I / O dilakukan secara seri atau berurutan untuk setiap bit data dalam satu waktu. Jenis port ini sering digunakan sebagai penyambung peralatan jaringan, seperti modem serial, ethernet dengan converter serta pengontrol Cisco router yang menggunakan kabel console dengan konektor DB9. Port tipe ini sekarang sudah jarang diproduksi pada komputer modern. Fungsi dan tugasnya sudah digantikan oleh port USB dan beberapa firmware baru.


Port Paralel 

Jenis Port Paralel

Port paralel adalah port yang mampu menyalurkan data secara bersamaan dalam satu waktu. Port paralel memiliki 25 pin. Pada device manager Windows, port ini memiliki alamat LPT1, LPT2 dan LPT3 yang sering digunakan untuk sambungan peralatan printer dengan port paralel seperti Epson Lx, sambungan joystick game dan modem. Kemampuan menyalurkan data hingga 200 kbps membuat port ini sering digunakan sebagai port interface dengan modul I / O eksternal seperti stepper motor dan lampu kelap - kelip.


Port VGA

Jenis Port VGA

Port VGA merupakan port serial berjenis female dengan jumlah lubang sebanyak 15. Port ini digunakan sebagai slot atau dudukan kabel VGA ke monitor. Pada komputer terbaru, port VGA jenis ini sudah diganti dengan port HDMI.


Port USB 

Jenis Port Input / Output

USB merupakan kepanjangan dari Universal Serial Bus. Port ini merupakan standar port serial yang dapat digunakan sebagai sambungan peripheral tanpa memerhatikan jenis dan teknologi peripheral eksternal itu sendiri. Dengan port USB, pengguna dapat menghubungkan peranti luar ke komputer secara mudah, seperti mouse, keyboard, flashdisk, harddisk, kamera digital dan handphone.


Port Audio

Jenis Port Audio

Port audio digunakan sebagai saluran keluaran data audio dari komputer ke peranti eksternal berupa speaker. Port ini biasanya dilengkapi dengan port line out audio yang menuju speaker, line in audio yang menuju komputer dan line in microphone yang merupakan saluran masuk dari perangkat mikrofon ke komputer.


Port Ethernet / Modem

Jenis Port Ethernet

Port Ethernet merupakan sebuah port yang digunakan sebagai slot kartu  jaringan atau modem yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet atau intranet.


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.