5 Tips Investasi Untuk Pemula - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Investasi Untuk Pemula

 5 Tips Investasi Untuk Pemula

5 Tips Investasi Untuk Pemula

1. Tentukan Tujuan & Jangka Waktu Investasi.

      Mulai investasi dengan menentukan tujuan yang ingin kamu capai, misalnya untuk dana pensiun di hari tua. Kemudian tentukan jangka waktu yang dikehendaki untuk mencapai tujuan investasimu.


2. Pilih Produk Reksa Dana Sesuai Tujuan Investasi & Profil Risiko.

     Setiap produk reksa dana memiliki karakter berbeda yang harus kamu sesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi kamu. Produk dari kelas aset Pasar Uang dan Pendapatan Tetap bisa menjadi pilihan untuk investasi jangan pendek (kurang dari 5 tahun). Sedangkan bagi kamu yang ingin investasi lebih lama, produk dari kelas aset Campuran dan Saham dapat dijadikan pertimbangan.


3. Pilih Manajer Investasi Yang Memiliki Reputasi Baik.

     Manajer Investasi (MI) adalah pihak yang mengelola investasi kamu. Tentukan manajer investasi yang memiliki reputasi baik. Lihat dari jumlah dana kelolaan (AUM) yang dimiliki MI yang bersangkutan dan jangan mudah tergiur dengan MI yang menawarkan imbal hasil tinggi dalam waktu singkat. Periksa kembali rekam jejak dan kinerja MI tersebut.


4. Perhatikan Konsistensi Reksa Dana Dalam Menghasilkan Keuntungan.

    Perhatikan konsistensi reksa dana apakah menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Cari tahu terlebih dahulu dan jangan ragu untuk mulai berinvestasi.


5. Jangan Lupa Baca Prospektus & Keterangan Ringkas Dari Reksa Dana Pilihanmu !

      Prospektus adalah informasi mengenai profil perusahaan dan laporan tahunan dari MI yang mengelola produk reksa dana. Sedangkan informasi komposisi, kinerja, gambaran umum dari produk reksa dana dirangkum dalam Keterangan Ringkas (Fact Sheet). Pelajari informasi tersebut sebagai referensi pembelian reksa dana kamu, ya.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.