Apa Itu DHCP Server ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu DHCP Server ?

 Apa Itu DHCP Server ?

Apa itu dhcp server

Berikut ini definisi, pengertian dan tujuan DHCP Server :

Definisi

- - > DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol adalah suatu layanan server yang secara otomatis memberikan alamat IP kepada komputer yang meminta DHCP Server. Jadi, DHCP Server merupakan sistem pengalamatan atau pendistribusian yang secara otomatis akan memberikan IP Address kepada host komputer / client pada layanan TCP / IP yang memintanya.

Pengertian

- - > DHCP Server merupakan protokol yang bersasis arsitektur client / server yang digunakan untuk memudahkan pengalokasikan alamat IP dalam satu jaringan. Komputer atau perangkat yang memberikan IP Address dinamakan sebagai DHCP Server, sedangkan komputer atau perangkat yang meminta IP Address dinamakan DHCP Client.

Fungsi

Berikut ini fungsi utama dari DHCP Server :
  • DHCP Server mendistribusikan IP Address secara otomatif kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer.
  • DHCP Server akan memberikan kemudahan bagi seorang administrator jaringan dalam mengelola jaringan komputer, karena alokasi IP Address dapat ditentukan secara otomatis dan dalam satu kali saja.
  • DHCP Server selain bisa memberikan IP Address secara dinamis (berubah), juga bisa memberikan IP Address secara statis (tetap) kepada client yang terhubung ke jaringan komputer.
  • DHCP Server memberikan kemudahan dalam proses komunikasi data antarkomputer.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.