Pembahasan Komponen Perangkat Handphone - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Komponen Perangkat Handphone

 Pembahasan Komponen Perangkat Handphone

Pembahasan komponen perangkat handphone

Pada dasarnya komponen utama ponsel sama dengan PC (Personal Computer), yaitu Hardware dan Software.

1. Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware adalah segala komponen dari sebuah Handphone yang berguna untuk melakukan proses input, proses dan output. Contoh komponen Hardware (Perangkat Keras) handphone : LCD, Baterai, Keypad, Kamera, IC, Casing Speaker dan lain - lain.

2. Software (Perangkat Lunak)

    Perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan istilah software merupakan perangkat dalam system android yang berfungsi untuk melakukan pengoperasian system. Dalam android sendiri seperti pada samsung misalnya, system operasi ini memang bisa diupgrade untuk mendapatkan system yang lebih optimal. Jadi, software (perangkat lunak) adalah suatu bagian sistem sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh Hardware berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Sebuah software atau perangkat lunak merupakan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software atau sistem operasi maka Handphone hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user atau pengguna. 

Secara garis besar software dalam dunia service hp merupakan salah satu kegiatan reparasi ponsel yang di fokuskan untuk memperbaiki sistem perangkat lunak hp (smartphone) yang mengalami kerusakan seperti bootloop (stuck logo), sistem error yang mengakibatkan hp menjadi lag atau hanya untuk keperluan upgrade dan downgrade versi firmware semata yang digunakan guna untuk memutakhirkan sistem yang berjalan pada perangkat ponsel tersebut, dan proses software tersebut sering dikenal dengan istilah flash/flashing

Umumnya software (perangkat lunak) dalam perbaikan handphone sering disebut dengan Flashing. Tujuan Flashing adalah menginstall ulang sistem operasi di dalam perangkat Android untuk memperbaiki kerusakan atau pun upgrade dan downgrade sistem operasi pada Handphone. Contoh komponen Software (Perangkat Lunak) handphone : Bootlop, Lupa keamanan pola / sandi, Sistem lag atau Error dan lain - lain.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.