Peralatan Perlengkapan Perbaikan Service Handphone - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Perlengkapan Perbaikan Service Handphone

 Peralatan Perlengkapan Perbaikan Service Handphone

Peralatan perlengkapan perbaikan service handphone

Ketika memilih alat dan peralatan untuk memperbaikinya ponsel sangat penting untuk memastikan alat terbaik. Alat bisa saja murah atau mungkin tidak berguna ketika memperbaiki mobile device. Di sisi lain, kualitas alat mahal adalah terbaik dan peralatan akan membantu anda untuk memperbaiki ponsel dengan mudah dan nyaman. Ada ratusan alat tersedia di pasar untuk memperbaiki ponsel. Penting untuk merek terbaik. Dibawah semua alat dan peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan ponsel.

1. Berbagai macam obeng untuk HP, mulai dari obeng plus (+) untuk android sampai obeng bintang (*) untuk iphone.


2. Power Supply. Nah untuk power supply sendiri ada 2 model yaitu model analog dan model jarum. Power supply ini ada banyak macamnya, namun kami rekomendasikan untuk menggunakan power supply dengan kapasitas arusnya 5A dan tegangan listrinya yang bisa disetting 30V.



3. Blower. Fungsi dari blower untuk melepas ic dan part/komponen yang ada di handphone. Alat ini bisa disetting suhu dan tekanan udaranya. 

4. 
Solder + timah. Fungsi dari solder ialah untuk angkat-pasang ic dan part/komponen handphone. Oh iya kalau ada solder haruslah ada timah.


5. Multimeter. Fungsinya untuk mengecek tegangan, hambatan, maupun arus pada komponen handphone. 


6. Penjapit PCB. Alat ini berguna untuk menjapit mesin handphone yang sedang diservice agar tidak bergerak kemana-mana.


7. Pinset. Alat kecil ini digunakan untuk memegang komponen yang akan diangkat dari mesin handphone.

8. Flux. Sebelum menggunakan blower dan solder komponen harus diolesi flux terlebih dahulu untuk mempermudah pemanasan komponen.

9. Solder wig. Bertujuan untuk membersihkan timah-timah yang ada di dalam ic.

10. 
Lup kecil. Fungsinya untuk melihat part-part berukuran kecil.



11. Plat pencetak ic. Jika ingin pasang ic wajib mempunyai alat ini.



12. Timah pasta. Nah bahan ini bertugas mencetak kaki-kaki ic.



13. Tiner/bensin. Bahan yang amat sangat dibutuhkan dalam membersihkan komponen handphone yang terkena air. Caranya dengan menggunakan sikat gigi lalu langsung disikatkan sampai bersih pada komponen yang terkena air.

14. UFI Box. Alat terakhir ini untuk mengatasi permasalahan software, tools box flasher made in Indonesia yang selalu up to date.





Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.