Cara Penulisan Kode Pemrogaman Python - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penulisan Kode Pemrogaman Python

 Cara Penulisan Kode Pemrogaman Python

Cara Penulisan Kode Pemrogaman Python

Berikut ini kode " program Python sangat mudah dipahami karena singkat dan terstruktur rapi. Jika kita ingin membuat aplikasi yang menampilkan tulisan " Halo Dunia " di layar monitor, yang kita butuhkan hanyalah sebaris kode berikut :

print("Halo Dunia")
Dalam praktiknya, setiap kode diletakkan di baris - baris baru tanpa diakhiri oleh karakter apapun. Jadi, jika ada beberapa baris kode Python, maka penulisannya adalah sebagai berikut :

print ("Selamat Datang")
nama = input ("Silahkan masukkan nama ?")
print ("Halo, ", nama)
Namun demikian, Python dapat menambahkan tanda titik-koma di akhir setiap baris kode. Misalnya seperti ini :

print("Selamat Datang !");
nama = input("Silahkan masukkan nama ?");
print ("Halo, ", nama);

Case Sensitive

Python adalah bahasa pemrogaman yang bersifat case sensistive. Perintah dan fungsi dibuat dengan menggunakan huruf kecil semua. Dengan demikian, perintah di bawah ini akan menghasilkan pesan kesalahan :

Print("Selamat Datang !");
nama = Input("Silahkan masukkan nama ?");
print("Halo, ", nama);
Pada kode -kode di atas, perintah print ditulis dengan huruf " P " kapital menjadi Print. Menyebabkan terjadinya error pada program. Oleh karena itu, cek penggunaan huruf besar dan kecil yang anda gunakan pada penulisan kode program.

Penggunaan Indentation
Identation adalah tentang penataan baris " kode program yang mengatur bagian mana yang menjorok lenih ke dalam dan yang tidak. Dalam beberapa kasus, Pythpn menggunakan indentation untuk menandai blok - blok program yang kita buat. Misalnya, pada saat kita menggunakan kondisinal if, perulangan, maupun  pembuatan function.
def salampagi(nama):
print("Halo!")
print("Selamat pagi", nama)
print("Apa kabarmu hari ini ?")

salampagi("Farhan")


Pada contoh di atas, baris kedua sampai keempat ditulis menjorok ke kanan karena meruupakan blok kode dari deff yang dipakai untuk pembuatan function. Baris selanjutnya yang rata kiri dianggap sebagai perintah di luar blok kode sebelumnya.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.