Jenis Port Teknologi Layanan Jaringan - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Port Teknologi Layanan Jaringan

Jenis Port Teknologi Layanan Jaringan

Jenis Port Teknologi Layanan Jaringan

Port teknologi layanan jaringan adalah mekanisme yang memungkinkan komputer terhubung dengan beberapa sesi koneksi dengan komputer dan program lainnya dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Port pada jaringan komputer adalah sebuah titik di mana koneksi jaringan dimulai dan diakhiri. Port pada jaringan ialah perangkat lunak serta dikelola oleh sistem operasi komputer. Berikut ini jenis port teknologi layanan jaringan :

1. Port 21 (FTP - File Transfer Protokol)

     - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 21 adalah digunakan untuk FTP.  FTP (File Transfer Protokol) adalah suatu layanan protokol dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP / IP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP Client. FTP Client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

2. Port 22 (SSH - Secure Shell)

      - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 22 adalah digunakan untuk SSH. Secure Shell adalah Sebuah protokol jaringan kriptografi untuk berkomunikasi yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Koneksi yang dilakukan melalui SSH sudah dienkripsi terlebih dahulu agar sulit dilihat data apa yang sedang ditransfer dalam meningkatkan keamanan data pada komputer anda, ketika mengakses internet dengan adanya Akun (account) SSH sebagai perantara koneksi internet anda, SSH akan memberikan enkripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain.

3. Port 23 (Telnet)

     - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 23 adalah digunakan untuk Telnet. Telnet merupakan salah satu protokol jaringan jaringan client - server yang memberikan akses remote (jarak jauh) untuk login ke komputer tertentu dalam sebuah jaringan yang bertujuan untuk mengakses komputer ke tujuan secara remote dalam mengakses berbagai macam layanan umum yang terhubung ke database untuk melakukan kontrol jauh pada sebuah sistem komputer.

4. Port 25 (SMTP - Simple Mail Transfer Protocol)

      - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 25 adalah digunakan untuk SMTP. SMTP (Simple Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol jaringan yang cukup sederhana digunakan untuk mengirimkan sebuah layanan data dokumen atau pesan dari komputer pengirim (sender) surat elekronik ke server penerima (receiver) dalam surat elektronik. Ketika seseorang menerima sebuah pesan melalui lewat email kemudian diverifikasi, maka pesan lewat email akan segera dikirim dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name Server) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan.

5. Port 35 (DNS - Domain Name System)

      - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 35 adalah digunakan untuk DNS. DNS (Domain Name System) merupakan sebuah protokol sistem jaringan yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer di internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. DNS juga dapat memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya.

6. Port 80 (HTTP - Hypertext Transfer Protocol)

       - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 80 adalah digunakan untuk HTTP. 
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hipertext.

7. Port 110 (POP3 - Post Office Protocol version 3)

     - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 110 adalah digunakan untuk POP3. POP3 (Post Office Protocol version 3)
 merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.Protokol ini berhubungannya dengan protokol SMTP, di mana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

8.  Port 143 (IMAP - Internet Message Access Protocol)

       - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 143 adalah digunakan untuk IMAP. IMAP (Internet Message Accsss Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses / mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP3 (Post Office Protocol versi 3) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

9. Port 443 (HTTPS - Hypertext Transfer Protocol Secure)

     - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 443 adalah digunakan untuk HTTPS. 
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre dan disingkat menjadi HTTPS) dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini disebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah dilindungi dengan sistem encrypt melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang " yang mau mengambil isi dari sebuah dokumen data kita yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS. Dapat dipahami juga bahwa HTTPS merupakan gabungan dari HTTP dengan SSL / TSL protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan dianalisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melalui internet.

10. Port 465 (SSL - Secure Socket Layer)

        - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 465 adalah digunakan untuk SSL. SSL (Secure Socket Layer) adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surface web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

11. Port 587 (MSA - Mail Submission Agent) 

         - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 587 adalah digunakan untuk MSA. MSA (Mail Submission Agent) merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang menerima email dari Mail User Agent (MUA) dan bekerja sama dengan Mail Transfer Agent (MTA) untuk mengirimkan sebuah email. Ia menggunakan varian dari Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). MTA menerima mail yang ditujukan secara lokal dari domain lain, dan MSA menerima submit email dari pengguna lokal.

12. Port 993 (SIMAP - Secure Internet Mail Access Protocol)

        - - > Teknologi layanan sebuah jaringan port 993 adalah digunakan untuk SIMAP. SIMAP (Secure Internet Mail Access Protocol) merupakan sebuah protokol yang berfungsi pengamanan dalam mengakses / mengambil e-mail dari server.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.