Mari Mengenal Bahasa Pemrogaman Python - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengenal Bahasa Pemrogaman Python

Mari Mengenal Python

Apa itu Python ?

Python adalah bahasa pemrogaman interpretatif yang dianggap mudah dipelajari serta berfokus pada keterbacaan kode. Dengan kata lain, Python di kenal sebagai bahasa pemrogaman yang memiliki kode " pemrogaman yang sangat jelas, lengkap dan mudah untuk di pahami.

Mengapa saat ini disebut masa yang tepat untuk belajar Python ?. Karena Python dianggap memiliki kehebatan untuk menangani pembuatan aplikasi " kekinian yang mengandung kata kunci big data, data mining, deep learning, data science hingga machine learning. Dengan kata lain, Python adalah bahasa pemrogaman simpel untuk pembuatan aplikasi berbasis kecerdasaan buatan (artifical intelligence).

Python secara umum berbentuk pemrogaman berorientasi objek, pemrogaman imperatif dan pemrogaman fungsional. Istilah lainnya, bahasa pemrogaman multi-paradigma.

Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Platform Pemrogaman Python 

Python dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi. Oleh karena itu, distribusi aplikasi yang dibuat menggunakan Python sangat luas dan multi-platform.

Beberapa platform yang mendukung Python di antaranya : Linux / Unix, Windows, Mac OS X, Java, Virtual Machine, OS / 2, Amiga, Palm dan Symbian (untuk produk " Nokia).

Lisensi Python

Pada prinsipnya, Python dapat diperoleh dan digunakan secara bebas oleh siapa pun, bahkan bagi para developer yang menggunakan bahasa pemrogaman ini untuk kepentingan komersial. Namun demikian, penggunaan packages atau module - module dari pihak ketiga, mungkin saja membutuhkan lisensi yang berbeda, misalnya lisensi berbayar.

Sejarah Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum, programmer kelahiran Belanda, pada tahun 1991 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrogaman ABC.

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaan Guido pada acara televisi Monty Python's Flying Circus.

Saat ini pengembagan Python terus dilakukan oleh sekelompok programmer yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Saat ini distribusi Python sudah mencapai versu 3.7. Anda bisa mengikuti perkembangan bahasa pemrogaman ini melalui situs resmi di www.python.org


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.