Materi Basic Bahasa Pemrogaman Java - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Basic Bahasa Pemrogaman Java

 Materi Basic Bahasa Pemrogaman Java

Materi Basic Bahasa Pemrogaman Java

Berikut ini materi basic tentang bahasa pemrogaman Java :

1. Struktur Dasar

    Ini adalah materi paling mendasar dari Java yang wajib anda kuasai.

2. Tipe Data

    Setiap tipe data digunakan untuk menampung konten yang berbeda. Berikut ini 8 tipe data dalam Java yang akan kita pelajari adalah int, float, char, long, double, boolean, byte dan short.

3. String

    Selain data primitif, string merupakan pokok dasar yang perlu anda kuasai.

4. Operator

    Operator meliputi operasi aritmatika dasar seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Selain aritmatika dasar, terdapat juga operator - operator lain seperti assignment, unary, equality and realtional dan condition.

5. Fungsi Input - Output    

    Proses input dan output merupakan hal yang penting agar kita dapat berinteraksi dengan program. Di sini kita akan belajar beberapa komponen yang dapat menerima input dari user dan komponen yang dapat menampilkan data ke user.

6. Percabangan

    Menjalankan suatu program pasti akan bergantung pada kondisi yang dipilih. Untuk itu kita memerlukan percabangan yang berfungsi sebagai control flow statement yang dapat mengontrol alur jalan suatu kode berdasarkan kondisi.

7. Perulangan

    Perulangan adalah kode yang bisa kita gunakan untuk mengulang beberapa instruksi kode, seperti for, while dan do -while.

8. Array    

    Array adalah kumpulan data yang dimasukkan ke dalam satu objek. Dimateri ini kita akan belajar tentang pembuatan array dan aplikasi di dalan suatu program.


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.