Materi Dasar Pengenalan Pemahaman HTML - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Dasar Pengenalan Pemahaman HTML

 Materi Dasar Pengenalan Pemahaman HTML


    HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan sebuah bahasa pemrogaman yang terstruktur yang dikembangkan untuk membuat halaman website yang dapat diakses atau ditampilkan menggunakan Web Browser. HTML sendiri secara resmi lahir pada tahun 1989 oleh Tim Berners Lee dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C), yang kemudian pada tahun 2004 dibentuklah Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATG) yang hingga kini bertanggung jawab akan perkembangan bahasa HTML ini. Hingga kini telah mengembangkan HTML 5, sebuah versi terbaru da HTML yang mendukung tidak hanya gambar dan teks, namun juga menu interaktif, audio, video dan lain - lain.

Berikut ini pengertian, definisi dan fungsi HTML : 

Definisi

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.


Pengertian

HTML (HyperText Markup Language) adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan teks editor. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser. 

Penamaan Dokumen 

Dokumen HTML ditulis dengan nama file dokumen yang anda buat dengan ekstensi .html atau .htm


Fungsi

Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web. Berikut ini contoh fungsi HTML :

  • Membuat halaman web.
  • Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
  • Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).
  • Menampilkan iklan di halaman web.
  • Mendapatkan berbagai pesan.
  • Informasi wawasan pengetahuan dengan melalui gambar, suara, video dan lain - lain.


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.