Materi Pengenalan WSGI - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pengenalan WSGI

 Materi Pengenalan WSGI


Berikut ini materi pengenalan WSGI

Apa itu WSGI ?   

Web Server Gateway Interface (WSGI) bukan merupakan web server, modul Python, framewok, Application Programming Interface (API), atau software, WSGI hanya sekedar spesifikasi antarmuka yang menjelaskan tentang bagaiamana seharusnya aplikasi dapat berkomunikasi dengan web server. 

Saat ini, WSGI merupakan antarmuka standar untuk pemrogaman web menggunakan Python, yang menutup kelemahan - kelemahan yang terdapat pada teknologi antarmuka sebelumnya : Common Gateway Interface (CGI), fast CGI dan Simpler FastCGI (SCGI). Sebagian besar framework untuk Python (Django, Flask, Pyramid dan lain ") menggunakan WSGI untuk berkomunikasi dengan web server.

Aplikasi WSGI

Aplikasi yang dibuat dengan mengikuti spesifikasi WSGI disebut dengan aplikasi WSGI. Framework untuk Python (Django, Flask, Pyramid dan lain ") juga merupakan aplikasi WSGI yang dirancang untuk memudahkan kita dalam membuat aplikasi WSGI lain. Dengan demikian, sebenarnya kita tidak harus menggunakan framework untuk mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan Python dan WSGI. 

Server WSGI

Aplikasi WSGI akan dapat berkomunikasi dengan web server yang juga dibuat dengan mengikuti spesifikasi WSGI. Web server seperti ini sering dikenal dengan server WSGI atau Python web server. Gunicorn, GEvent, Tornado dan wsgiref adalah beberapa contoh web server yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi WSGI. Apache HTTP Server, web server yang biasa digunakan untuk PHP, juga diperankan sebagai web server untuk Python dengan melakukan instalasi modul tambahan, yaitu mod_wsgi. Nginx (Engine-X) juga menyediakan dukungan terhadap aplikasi WSGI dengan menyediakan protokol uwsgi. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.