Mengenal Jenis Tipe Data Database MySQL - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Tipe Data Database MySQL

Mengenal Jenis Tipe Data Database MySQL

Mengenal Jenis Tipe Data Database MySQL

Setiap data disimpan ke dalam kolom yang tepat sesuai tipe data yang sudah ditetapkan pada kolom tersebut. Data pada kolom tgl_lahir yang berjenis Date tidak bisa diisi dengan data angka. Begitu pula data pada kolom nilai yang tidak bisa menerima teks.  Pada pembuatan tabel seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap kolom sudah diatur nama serta tipe datanya sejak awal. Berikut ini dijelaskan masing - masing tipe data yang bisa digunakan untuk pembuatan tabel.

1. Tipe Data Numerik

     Tipe data numerik atau yang biasa di sebut angka. Pada sebuah database MySQL, tipe data numerik terdiri dari :
  • Integer
  • Fixed Point
  • Floating Point

2. Tipe Data String

      Tipe data string yang digunakan untuk penyimpanan data berbentuk teks (karakter /huruf). Pada sebuah database MySQL ada bbeberpa jenis string yang dapat anda manfaatkan, yaitu CHAR, VARCHAR, BINARY, VARBINARY, TEXT dan BLOB.. Perbedaan di antar jenis - jenis tipe data tersebut, selain ukuran dan cara penyimpanannya, juga terletak pada dukungannya terhadap case sensitive (perbedaan huruf besar dan kecil).

3. Tipe Data Date

    Tipe data ini digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk tanggal. Ada beberapa pilihan tipe data DATE, yaitu DATE, TIME. DATETIME, TIMESTAMP dan YEAR. Perbedaan diantara tipe " data tersebut terletak pada format penyimpanan datanya.

4. Tipe Data Enum

    Tipe data enum dipilih apabila kolom tersebut telah memiliki nilai yang datanya telah ditentukan sebelumnya. Pilihan ini bisa berisi 1 sampao 65.535 pilihan string, namun kolom yang didefinisikan dengan tipe data Enum hanya dapat memilih satu saja di antara pilihan string yang telah tersedia.

5. Tipe Data Set

    Tipe data set menyerupai enum. Namun user dapat memilih satu atau lebih nilai yang tersedia dari 1 sampai 64 alternatif string. Kolom ini bisa digunakan untuk menyediakan tempat bagi user memilih opsi - opsi yang membutuhkan jawaban satu atau lebih, misalnya hobi, minat dan sebagainya.


Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.