Pemahaman Tentang Konsep Web - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemahaman Tentang Konsep Web

 Pemahaman Tentang Konsep Web

Pemahaman Tentang Konsep Web

Konsep web adalah kumpulan ide dan prinsip yang mendasari pengembangan dan penggunaan World Wide Web. Konsep web mencakup berbagai aspek, mulai dari cara data diformat dan ditransmisikan hingga cara pengguna berinteraksi dengan web. Berikut ini pemahaman tentang konsep web :

1. Internet

  • Internet adalah jaringan komputer. yang mendunia, tidak mengenal batas, baik budaya maupun wilayah. Apa lagi sekarang ini semakin banyak orang menggunakan internet untuk sekedar mendapatkan informasi atau belanja secara online.
  • Internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer diseluruh dunia yang terkoneksi satu sama lain. 
Dari pernyataan pengertian internet diatas kesimpulan - nya adalah internet sebagai
jaringan komputer diseluruh dunia yang terkoneksi satu dengan yang lain.

2. World Wide Web (WWW)

  • World Wide Web sering disingkat dengan www atau web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser. 
  • World Wide Web (www) adalah fasilitas di internet yang menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar, dan suara secara multimedia yang sangat interaktif. 
  • World Wide Web adalah kumpulan web server (penyedia web) dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi.
Kesimpulan dari pengertian world wide web (www) adalah suatu metode
untuk menampilan informasi di internet berupa taks, gambar, suara maupun video
yang dapat diakses melalui sebuah browser.

3. Website

  • Website merupakan media informasi yang berkembang pesat. Dengan website, semua orang dapat menampilkan informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna internet, bahkan mereka dapat memperoleh pendapatan dari sebuah website.
  • Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkain bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.
Kesimpulan dari website adalahsatu rangkaian yang saling terkait yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman dan denganwebsite semua orang dapat menampilkan informasi.

4. Web Browser

  • Web browser adalah aplikasi perangkat lunakyang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan teks, image, video, games dan informasi lainnya yang berlokasi pada halaman web pada world wide web (www) atau Local Area Network (LAN).
  • Web browser adalah progam komputer yang digunakan untuk membaca HTML, kemudian menerjemahkan dan menampilkan hasilnya secara visual kelayar komputer.
  • web browser sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memfasilitasi interaksi pengguna dengan video, audio teks, dan informasi lainnya yang terletak di web.
Kesimpulan dari pengertian web browser adalah program komputer dan
aplikasi peangkat lunak yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan video, audio teks, image, games dan informasi pada halaman web.

5. Web Server

  • web server adalah server internet yang digunakan sebagai koneksi dan transfer data (HTML, asp, aspx, php, js, dan lain sebagainya).
  • web server adalah aplikasi yang berfungsi untuk melayani permintaan pemanggilan alamat dari pegguna melalui web browser, dimana web server mengirimkan kembali informasi yang diminta tersebut melalui HTTP (Hipertext Transfer Protocol)untuk ditampilkan kelayar monitor.
  • Web server adalah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client dan mengirim kembali hasilnya dalam bentuk HTML atau halaman web.
Kesimpulan dari pengertian web server adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dan mengirimkan kembali dalabentuk HTML atau halaman web.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.