Pengenalan Bahasa Pemrogaman Ruby - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Bahasa Pemrogaman Ruby

 Pengenalan Bahasa Pemrogaman Ruby

Pengenalan Bahasa Pemrogaman Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman script yang saat ini digemari dan mulai banyak digunakan untuk proses pengembangan program, baik program desktop maupun web. Ruby yang merupakan bahasa pemrograman dapat digunakan untuk beragam jenis program / aplikasi. Berikut ini adalah jenis - jenis program yang dapat dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Ruby :
  • Program console atau CLI (Command-Line Interface)
  • Progam GUI, yaitu program visual yang berjalan dilingkungan dekstop.
  • Program web, yaitu program yang berjalan dilingkungan web server, yang dilakukan berdasarkan permintaan oleh client (web browser)
  • Program IoT (Internet of Things) dan robotika, yaitu program secara khusus ditujukan untuk mengakses perangkat keras.
  • Ruby bersifat free, open-source dan cross-platform. Dengan demikian, kita dapat menggunakan Ruby di lingkungan Linux, Windows, maupun sistem operasi lain.
Bahasa pemrograman ini sangat populer karena memiliki sintaks yang elegan dan mudah dibaca, serta memiliki fitur pemrograman berorientasi objek yang kuat. Beberapa fitur dan keunggulan Ruby antara lain :
1. Sintaks yang mudah dibaca : Ruby memiliki sintaks yang mirip dengan bahasa Inggris, sehingga mudah dipahami bahkan oleh pemula.

2. Berorientasi objek : Ruby didesain dengan paradigma pemrograman berorientasi objek yang kuat, sehingga memungkinkan pengembang untuk membuat kode yang lebih terstruktur, modular, dan mudah dipelihara.

3. Dynamic typing : Ruby merupakan bahasa pemrograman yang bersifat dynamic typing, artinya tipe data variabel dapat diubah secara dinamis selama runtime.

4. Mudah dikembangkan : Ruby memiliki banyak library dan framework yang mempercepat proses pengembangan aplikasi web, seperti Ruby on Rails, Sinatra, dan banyak lagi.

5. Cross-platform : Ruby dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

6. Dukungan internasionalisasi : Ruby memiliki dukungan internasionalisasi yang kuat, termasuk dukungan untuk encoding UTF - 8 yang populer dalam pengembangan aplikasi web global.

7. Community yang besar : Ruby memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif, sehingga memudahkan pengembang untuk mencari bantuan atau berbagi informasi dan pengalaman.

Dalam pengembangan aplikasi web, Ruby sering digunakan bersama dengan Ruby on Rails, sebuah framework web yang sangat populer. Ruby on Rails mempercepat pengembangan aplikasi web dengan mengurangi jumlah kode yang diperlukan dan mengotomatiskan banyak tugas rutin, seperti manajemen database dan tampilan. Karena keunggulan dan fleksibilitasnya, Ruby dan Ruby on Rails tetap menjadi pilihan populer untuk pengembangan aplikasi web dan mobile di seluruh dunia.
Ruby adalah bahasa pemrograman script yang saat ini digemari dan mulai banyak digunakan untuk proses pengembangan program, baik program desktop maupun web. Ruby yang merupakan bahasa pemrograman dapat digunakan untuk beragam jenis program / aplikasi. Dengan framework bahasa pemrogaman Ruby, yaitu Ruby on Rails tetap menjadi pilihan populer untuk pengembangan aplikasi web dan mobile di seluruh dunia dalam pengembangan aplikasi berbasis framework web yang sangat populer.  
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.