Pengenalan Framework Angular JS Bahasa Pemrogaman JavaScript - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Framework Angular JS Bahasa Pemrogaman JavaScript

Pengenalan Framework Angular JS Bahasa Pemrogaman JavaScript

Pengenalan framework angular js bahasa pemrogaman javascript

Angular JS merupakan front-end framework dengan baris code JavaScript yang dikembangkan pertama kali oleh sebuah perusahaan besar di dunia web yaitu Google untuk membangun aplikasi web yang dinamis.

Angular JS di rilis pertama kali pada tanggal 20 Oktober 2010, dikembangkan dengan menggunakan konsep arsitektur MVC (Model View Controller) dan MVVM (Model View View Model).

Menurut wikipedia, MVC (Model View Controller) merupakan sebuah metode untuk membuat aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaiamana memprosesnya (Controller) dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC.

Angular JS dapat memberikan fungsi yang lebih pada tag - tag HTML pada aplikasi yang akan dibuat, sehingga menghasilkan lingkungan yang ekspresif dan mudah untuk dikembangkan. Angular JS pun dapat melakukan manipulasi DOM dengan baik, sehingga mempercepat proses pembuatan aplikasi web.

Angular JS digunakan oleh website populer seperti wolfram alpha, NBC, walgreens, intel, sprint, ABC NEws dan diperkirakan ada 12.000 situs lain yang menggunakan Anggular JS untuk mengembangkan aplikasi web dinamis mereka. 

Angular JS adalah kerangkan kerja web front-end open source berbasis JavaScript  untuk mengembangkan aplikasi satu halaman. Angular JS ini bertujuan untuk menyederhanakan pengembangan dan pengujian aplikasi semacam itu dengan menyediakan kerangka kerja untuk arsitektur model-view-controller (MVC) dan model-view-viewmodel (MVVM) sisi client, bersama dengan komponen yang biasa digunakan dalam aplikasi web dan progresif aplikasi web. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.