Jaringan APN : Definisi, Pengertian dan Fungsi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan APN : Definisi, Pengertian dan Fungsi

Definisi, Pengertian dan Fungsi APN

Definisi Pengertian Fungsi APN

Kita tau bahwa sekarang ini hampir seluruh penduduk dunia mengetahui, bahkan telah mengakses internet untuk berinteraksi dengan orang dari berbagai penjuru melalui sosial media, mengetahui informasi terbaru, menonton video, bermain game maupun menjalankan bisnis secara online. Indonesia sendiri berada di peringkat ke-6 dalam daftar pengguna internet terbanyak dengan total mencapai 120 juta orang lebih.

Salah satu device yang mereka pakai untuk mengakses internet adalah ponsel, dari masalah saat digunakan, terutama koneksi. Biasanya, hal pertama yang dicek seseorang saat itu terjadi adalah settingan APN-nya. APN atau Access Point Name adalah protokol yang amat penting dalam jaringan internet. Sayangnya, banyak di antara pengguna yang tidak mengetahui fungsinya. Kianbanyaknya masyarakat yang mengakses internet, memiliki sambungan data yang telah terkonfigurasi dengan APN. 


Definisi

APN sendiri merupakan gateway yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah jaringan penghubung ponsel atau komputer ke internet. Ia pun dapat diartikan sebagai jembatan antara ponsel dengan operator penyedia jaringan internet. 


Pengertian

APN adalah settingan pada ponsel yang digunakan operator untuk menjembatani PDN (Packet Data Network) yang diinginkan user, misalnya GSM, GPRS, 3G, H+ atau 4G.


Fungsi

fungsi APN adalah sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. Ia akan memberikan akses internet sesuai dengan provider atau kartu prabayar yang digunakan. Jadi, apabila Anda sedang memakai kartu prabayar A maka APN harus disetting dengan pengaturan untuk operator tersebut. Jika berbeda atau ada yang salah, Anda tidak akan bisa terhubung ke internet.

Di samping fungsi tersebut, APN juga digunakan untuk menentukan jenis layanan, misal koneksi ke WAP (Wireless Application Protocol) dan MMS (Multimedia Messaging Service) yang ditawarkan PDN.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.