Jenis Serangan Teknik Spoofing - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Serangan Teknik Spoofing

 Jenis Serangan Teknik Spoofing


Berikut ini jenis serangan teknik spoofing : 

1. Email Spoofing

     Email spoofing merupakan aksi penipuan dengan mengirimkan pesan email yang memakai alamat palsu atau bermodus sebagai pihak tertentu. Cara ini hampir mirip sama teknik serangan phising.


2. Website Atau URL Spoofing

      Website atau url Spoofing adalah kejahatan cyber crime satu ini yang mengandalkan website sebagai trik untuk mengelabui korban. Caranya adalah pelaku membuat website palsu dan menjiplak keseluruhan tampilan website yang ditiru. Mulai dari nama, logo, halaman login, bahkan nama domain yang sekilas terlihat persis dengan yang asli.

Lalu, biasanya pelaku melakukan aksinya bersamaan dengan email spoofing. Ia akan mengirimkan pesan berisikan link yang nantinya akan mengarahkan Anda ke website mereka. 

Selain untuk memperoleh username atau password, penyerang website spoofing juga memanfaatkan trik ini untuk menyisipkan malware ke perangkat Anda. Sehingga mereka bisa mudah untuk mencuri data-data penting anda lainnya.

3. SMS Spoofing


   SMS spoofing adalah seseorang yang membuat pelaku mengubah nomor seluler mereka dengan nomor lain. Ini dilakukan seperti layaknya berbagai perusahaan yang sering memalsukan nomor mereka sendiri untuk keperluan pemasaran. Agar mudah dikenal oleh konsumen dengan digit angka yang lebih singkat. 


Dengan begitu, para pelaku spoofing bisa menyamarkan identitas mereka dan membawa nama perusahaan atau organisasi resmi. Kemudian mereka akan melaksanakan aksinya dengan mengirimkan pesan penipuan atau pun membagikan link yang berisikan malware.  

4. Man in The Middle (MiTM)

     Man in The Middle (MitM) merupakan serangan cyber yang terjadi saat pelaku menjadi pihak ketiga yang secara diam-diam mencegat proses komunikasi antara dua pihak berbeda. MitM ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk komunikasi baik telepon, online, email, media sosial, website dan lain-lain.


5. IP Spoofing 

     IP Spoofing merupakan jenis spoofing yang memungkinkan pelaku untuk mengubah source IP sehingga tidak dapat terlacak saat ingin mengelabui komputer tujuan. Ini juga menjadi salah satu teknik yang sering digunakan oleh pelaku saat melakukan serangan DDoS.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.