5 Tips Untuk Kamu Menjadi Kaya Bagi Berpenghasilan Kecil - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Untuk Kamu Menjadi Kaya Bagi Berpenghasilan Kecil

5 Tips Untuk Kamu Menjadi Kaya Bagi Berpenghasilan Kecil

5 Tips Untuk Kamu Menjadi Kaya Berpenghasilan Kecil

Semua orang pasti ingin kaya. Kalau penghasilan gajinya besar sih pasti lebih mudah, tapi kalau gaji kecil bahkan pas - pasan memangnya bisa menjadi orang kaya ?. Berikut ini 5 tips untuk kamu bagi berpenghasilan kecil :

1. Pertama, coba kamu beli sesuatu yang harganya lebih rendah dari yang kamu mampu.

    Kalau kamu melihat handphone versi terbaru, apakah kamu mampu untuk membeli. Padahal ada handphone lain yang lebih murah, tapi fungsinya sama, spesifisikasinya mirip atau hampir sama, tapi harganya jauh lebih murah. Saya sarankan beli barang yang lebih murah saja. Walaupun kamu mampu untuk membeli sesuatu, bukan berarti kamu harus membeli barang itu .

2. Kedua, jangan pernah mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting (sia - sia).

    Contoh kamu mendaftar member akun premium, tapi kamu sudah bayar biaya untuk beberapa bulan sedangkan kamu tidak pernah ikut untuk latihan.

    kalau seperti ini lebih baik cari alternatif lain kalau mau ikut latihan. Kamu bisa mencari ikut latihan secara gratis (free) atau di rumah (ke tempat yang terdekat).

3. Ketiga, cerdas dan konsisten dalam berinvestasi.

    Bukan hanya menabung saja ya, untuk bisa menjadi kaya kam harus rutin dalam menyisihkan uang untuk di investasikan, agar biar di investasikan lebih cepat berkembang.

    Tentukan jenis investasi yang mau kamu pilih berdasarkan profit resiko yang dimiliki, tujuan keuangan, jangka waktu investasi dan jumlah uang yang mampu disisihkan setiap per bulan.

4. Keempat, hemat dalam pngeluaran untuk lifestyle (gaya hidup & kebutuhan hidup).

    Untuk hiburan tidak harus keluar uang banyak. Misalnya, kamu sering makan di restoran mahal sama teman, lebih baik ubahlah kebiasaan itu menjadi lebih hemat.
    Kalau kamu kreatif, kamu pasti bisa menemukan berbagai macam hiburan murah yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya uang.

5. Kelima, jangan menghabiskan uang kamu.

    Walaupun sudah punya dana darurat, kamu tetap harus menyisihkan uang di rekening kamu dan jangan sampai kehabisan.
    Simpan kelebihan uang yang kamu dapatkan seperti THR atau uang bonus yang didapatkan. Dana tersebut akan sangat bermanfaat, jika saat ada kebutuhan mendadak yang harus dikeluarkan.

ikutin cara - cara ini dengan konsisten dan lihat perubahannya di tahun depat. Meskipun kamu usaha dalam bekerja walaupun penghasilan kamu kecil, insyallh kamu akan menjadi kaya.            
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.