Analisa Kebutuhan Bandwidth Sebuah Jaringan - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Kebutuhan Bandwidth Sebuah Jaringan

 Analisa Kebutuhan Bandwidth Sebuah Jaringan

Analisa kebutuhan bandwidth sebuah jaringan

Berikut ini materi analisa kebutuhan bandwidth dalam sebuah jaringan.

Pengertian Jenis Bandwidth

- Bandwidth (lebar pita) dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan komunikasi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi.
- Bandwith adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi, frekuensi sinyal diukur dalam satuan bps (bit per second).
- Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya yang diukur dengan satuan waktu tertentu.

Analisis Kebutuhan Bandwith

- > Estimasi bandwidth untuk jaringan adalah salah satu faktor penting dalam merancang & memelihara LAN (Local Area Network) / WAN (Wide Area Network) yang baik selain perangkat jaringan & teknologi jaringan yang digunakan karena antara satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi, baik dari segi kinerja maupun hasilnya.
- > Alokasi / reservasi bandwidth adalah sebuah proses menentukan jarak bandwidth kepada pemakai dan aplikasi dalam sebuah jaringan. 
- > Video streaming dan Voice ove IP (VoIP) adalah beberapa contoh penggunaan teknologi baru yang turut mengkonsumsi bandwidth dalam jumlah besar.

Adapun parameter dalam menentukan estimasi penggunaan bandwidth. Jumlah PC Client pada masing - masing listrik batas bandwidth yang digunakan. Aplikasi apa saja yang dijalankan & bagaimana performa service level wa agreement (SCA) untuk aplikasi tersebut. Contoh cara menghitung bandwidth pada sebuah jaringan.

Rumus
Bandwidth yang dibutuhkan [ Jumlah PC x batas bandwidth ]

Contoh soal 
- Sebuah kantor memiliki jaringan komputer 4 ruang. Masing - masing ruang 20 LAN. Seluruh komputer terhubung digunakan browsing (tidak untuk download). Hitung kebutuhan bandwidth secara ideal.

- > Analisa kebutuhan bandwidth :
1. Layanan web membutuhkan bandwidth minimal 128 know.
2. Jaringan komputer 4 ruang  
masing-masing 20 komputer. Total komputer = 20  x 4 = 80 komputer.
3. Kebutuhan bandwidth 128 kbps = 128 x 80 = 10.249 kbps
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.