Jenis Teknik Penyerangan Jalur Komunikasi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Teknik Penyerangan Jalur Komunikasi

 Jenis Teknik Penyerangan Jalur Komunikasi

Jenis Teknik Penyerangan Jalur Komunikasi

Berikut ini jenis teknik penyerangan pada jalur komunikasi :
  1. Sniffing : Sebuah pesan (baik yang belum atau sudah dienkripsi) dalam suatu saluran komunikasi. Biasanya berusaha mendapatkan password atau data informasi sensitif lain. Hal ini umum terjadi pada saluran publik yang tidak aman.
  2. Repply Attack : Jika seseorang bisa merekam pesan " handshake (persiapan komunikasi), ia mungkin dapat mengulang pesan " yang telah direkamnya untuk menipu salah satu pihak.
  3. Spoofing : Penyerang berusaha meyakinkan pihak _ pihak lain bahwa tidak ada masalah dengan komunikasi yang dilakukan , padahal komunikasi itu dilakukan dengan sang penipu / penyerang. Contohnya jika orang memasukkan PIN ke dalam mesin ATM palsu - yang benar - benar dibuat seperti ATM asli - tentu sang penipu bisa mendapatkan PIN -nya dan copy pita magnetik kartu ATM milik sang nasabah. Pihak bank tidak tau bahwa telah terjadi kejahatan.
  4. Web spoofing pada dasarnya adalah usaha penipuan agar sesorang mengira bahwa ia sedang mengakses suatu situs tertentu, padahal bukan. Cara yang pernah dilakukan terhadap situs web BCA adalah dengan membuat situs mirip BCA yang membuat orang terkecoh sehingga tanpa curiga mengetikkan nama dan password-nya untuk selanjutnya direkam di server palsu tadi.
  5. Man - In - The - Middle Attack : Jika spoofing terkadang hanya menipu satu pihak, seolah - olah adalah orang yang dituju, dan ia bisa membuat berita fitnah. Jadi melakukan pemalsuan pesan.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.