Lulusan SMA Langsung Bisa Kerja Jadi Apa ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lulusan SMA Langsung Bisa Kerja Jadi Apa ?

 Lulusan SMA Langsung Bisa Kerja Jadi Apa ?

Beberapa Pekerjaan Lulusan SMA

Dikarenakan semakin sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan, sudah mulai banyak mahasiswa atau bahkan murid sekolah, yang ingin secepat mungkin mencari pengalaman kerja. Tapi, sangat jarang ada lowongan pekerjaan yang mau menerima lulusan SMA untuk bekerja. Mayoritas lowongan kerja, hanya mencari orang yang sudah berpengalaman. Hal ini membuat semakin banyak kandidat sulit mencari pengalaman. Namun, bukan berarti lulusan SMA tidak memiliki peluang kerja sama sekali. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai lulusan SMA.

1. Customer Service

     Customer Service adalah salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh para lulusan SMA. Secara garis besar, pekerjaan Customer Service adalah membantu menyelesaikan keluhan dan kebutuhan customer. Pekerjaan ini menuntut kesabaran yang tinggi, konsentrasi dan daya ingat.

2. Penulis

     Kalau kamu hobi menulis, maka pekerjaan ini sangat cocok. Pekerjaan ini bisa memperluas wawasan kamu dan juga dapat menghasilkan uang. Selain itu, menulis bisa kamu lakukan sebagai pekerjaan freelnace. Jadi, kamu bisa melakukkkannya dengan jadwal fleksibel sambil menjalankan kuliahmu.

3. Pengajar BimBel (Bimbingan Belajar)

     Kalau kamu termasuk salah satu murid yang cukup berprestasi secara akademik ataupun non akademik, kamu bisa menjadi pengajar bimbel. Misalkan, untuk akademik (kamu bisa mengajar bahasa asing, atau pelajaran umum seperti matematika, kima ataupun fisika) dan lain - lain. Kalau untuk non - akademik (kamu bisa mengajar alat musik, ataupun hal - hal lainnya).

4. Barista Atau Kasir

     Pekerjaan sebagai barista atau kasir, juga sangat cocok untuk kamu yang masih lulusan SMA. Tapi, untuk barista, kamu perlu mengikuti semacam kursus atau pelatihan sebagai bukti kalau kamu memang sudah menguasai teknik membuat kopi. Untuk kasir, kamu membutuhkan kesabaran dan sikap ramah dalam melayai pembeli.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.