Mengenal Materi Teknik Kriptografi - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Materi Teknik Kriptografi

Mengenal Materi Teknik Kriptografi

Mengenal Materi Teknik Kriptografi

Kriptografi merupakan dasar dari keamanan sistem komputer. Cryptography (kriptografi) merupakan ilmu dan seni penyimpanan pesan, data, atau informasi secara aman. Cryptography (kriptografi) berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Crypto dan Graphi yang berarti penulisan rahasia. Cryptography adalah suatu ilmu  yang mempelajari penulisan secara rahasia. Kriptografi merupakan bagian dari suatu cabang ilmu matematika yang disebut Cryptography. Kriptografi bertujuan menjaga kerahasiaan informasi yang terkandung dalam data sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak sah. Inilah sebabnya seorang hacker harus pula menguasai kriptografi, paling tidak memahami konsep dasarnya. 

Dalam menjaga kerahasiaan data, kriptografi mentransformasikan data jelas (plaintext) ke dalam bentuk data sandi (ciphertext) yang tidak dapat dikenali. Ciphertext inilah yang kemudian dikirimkan oleh pengirim (sender) kepada penerima (receiver). Setelah sampai ke penerima, ciphertext tersebut ditransformasikan kembali ke dalam bentuk plaintext agar dapat dikenali. 

Kriptografi memungkinkan beberapa operasi atau proses terhadap data. Dua buah operasi dasar adalah enkripsi (dengan dekripsi sebagai proses balikannya) dan signing (dengan verifikasi dari signature sebagai proses balikannya). Signature analog dengan pemberian tanda-tangan terhadap sebuah dokumen dan penanda bahwa dokumen tersebut tidak berubah dari aslinya. 

Kriptografi sesungguhnya merupakan studi terhadap teknik matematis yang terkait dengan aspek keamanan suatu sistem informai, seperti kerahasiaan, integritas data, otentikasi dan ketiadaan penyangkalan. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.