Mikroprosesor : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mikroprosesor : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Mikroprosesor : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Pengertian fungsi dan cara kerja mikroprosesor

Berikut ini pengertian, fungsi dan cara kerja mikroprosesor.

Pengertian

Mikroprosesor adalah sebuah Central Processing Unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini disebut dengan prosesor. Komponen ini merupakan sebuah chip atau IC / Integrated Circuit adalah sekeping silikon berukuran beberapa milimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik lain. Prosesor juga merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem komputer (disebut sebagai otak komputer). Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak berfungsi sebagai pengingat (memori
Mikroprosesor adalah sebuah Chip IC atau Sirkuit yang menggabungkan fungsi inti dari pemrosesan pusat (CPU / Central Processing Unit) komputer.  Chip IC mikroprosesor ini merupakan perangkat multiguna yang dapat diprogram untuk menerima data digital sebagai input, memprosesnya sesuai dengan instruksi yang tersimpam dalam memorinya dan memberikan hasil sebagai output. 

Fungsi

Secara fungsi Mikroprosesor didisain bekerja sebagai pelaksana instruksi atau program, pengendali sistem serta sebagai pusat pengolah data digital yang lebih dikenal dengan sebutan Central Processing Unit (CPU).

Cara Kerja

Mikroprosesor bekerja sebagai pengolah data elektronik digital, yang bekerja antara beberapa komponen antara lain : Memori Unit (RAM dan ROM), Output Unit dan CPU (Prosesor).
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.