Apa Itu IRC ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu IRC ?

Apa Itu IRC ?

Apa itu irc

Berikut ini definisi pengertian fungsi IRC untuk berkomunikasi dalam melakukan chatting di Internet :

Definisi

Obrol Relai Internet atau Internet Relay Chat atau IRC adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.

Pengertian

IRC merupakan singkatan dari internet relay chat. Pengertian IRC adalah program layanan untuk chatting di Internet, yang merupakan suatu bentuk komunikasi di Internet yang dibuat dan digunakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok yang biasa disebut channel (saluran), tetapi dapat juga digunakan untuk komunikasi jalur pribadi.

Pengertian irc sebagai salah satu layanan di internet merupakan sebuah protokol yang dapat memungkinkan pengguna untuk bergabung pada “channel atau saluran” secara individu dan mengirim pesan teks secara real time. Selain itu IRC juga dapat memungkinkan kamu untuk melakukan chatting dengan seluruh saluran atau channel, pengguna pesan pribadi dan untuk bahan berbagi file.

Fungsi

Fungsi IRC hampir sama dengan aplikasi chatting lainnya yaitu untuk berkomunikasi dengan orang ataupun group menjadi lebih mudah, selain untuk mengirim pesan IRC juga dapat digunakan untuk mengirim data selain itu IRC juga dapat digunakan mencatat peristiwa pada channel atau saluran IRC, memberikan informasi yang diinginkan dan lain sebagainya.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.