Apa Itu Server ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Server ?

Apa Itu Server ?


Server adalah sebuah sistem komputer yang menjalankan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung oleh prosesor yang bersifat scalable atau dapat terskalakan dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
Berikut ini pengertian, jenis dan fungsi server. 

Pengertian

Server adalah sistem komputer yang mempunyai layanan khusus, pada umumnya berhubungan dengan penyimpanan data. Data yang tersimpan di dalam server berupa berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks. Layanan tersebut bertujuan untuk memberikan kebutuhan bagi pihak client yang menyediakan akses informasi kepada pengguna atau user. Server memiliki peran penting untuk mengirim dan menerima data dan informasi secara lebih cepat. Di dalam bentuk fisiknya, server merupakan jaringan komputer yang memiliki ukuran yang sangat besar, serta menampung komponen seperti processor dan RAM dengan kapasitas yang besar. Peran server sangat penting dalam mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia. Server merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk memberikan layanan, membatasi dan juga mengontrol akses pada klien di sebuah jaringan komputer yang ada. Sebuah komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi dari aspek software maupun hardware yang digunakan.

Secara sederhana server merupakan tempat yang menyediakan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh klien yang terhubung dengan server tersebut. Server dan klien selalu berhubungan karena klien akan membutuhkan server setiap kali meminta data atau file dalam suatu jaringan. Dalam konsep peer to peer, sebuah komputer bisa berperan sebagai server, klien atau keduanya. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan komputer untuk mengakses website milik pengguna lain, maka Anda menjadi komputer klien. Tapi, apabila pengguna lain memakai komputernya untuk mengakses website Anda maka Anda menjadi server.
Penyimpanan data pada server biasanya dipakai untuk menyimpan dokumen dan informasi. Kemudian, data tersebut akan digunakan untuk melakukan berbagai layanan. Misalnya menampilkan website, menerima/mengirim email, dan lainnya.

Jenis

Berikut ini ada beberapa fungsi jenis perbedaan server yang kita dapat dipelajari dan paling umum digunakan :

1. Web Server 

    Web server adalah jaringan komputer yang khusus untuk menerima layanan informasi dalam bentuk HTTP dan HTTPS. Jadi, web server akan menerima beberapa tampilan kode dari browser yang kemudian akan mengirimnya kembali dalam bentuk sebuah halaman website.

Laman web tersebut akan dikirim dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang akan diproses dan diolah menjadi tampilan yang lebih menarik untuk dibaca. Untuk saat ini peran dari web server tidak hanya menampilkan WWW (World Wide Web) saja, namun juga dapat untuk meninjau kebutuhan dalam manajemen suatu pekerjaan. Seperti pada penggunaan printer, kamera, router web, dan masih banyak hardware yang lain.
    Web server merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan website. Server ini digunakan sebagai pusat pengaturan dalam memproses website dan untuk menyimpan berbagai data website seperti file dokumen HTML, CSS dan Javascript.

Untuk bisa menampilkan halaman website, web server akan menerima dan memproses permintaan dari browser. Kemudian hasilnya akan dikirimkan kembali ke browser untuk ditampilkan.

Kualitas web server yang digunakan bisa sangat mempengaruhi performa website.
Fungsi utama web server yaitu mengirim atau mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Pengguna dapat mengakses berupa gambar, teks dan video melalui browser tersebut.

Selain untuk publikasi situs web, manfaat web server juga banyak digunakan dalam perangkat lain seperti router, printer, dan kamera web yang melayani akses http dalam jaringan local. Hal itu ditujukan untuk mempermudah peninjauan dan perangkat manajemen.

2. Mail Server

    Mail server merupakan server yang menyediakan fasilitas pengelolaan dan penyimpanan data email pengguna. Mail server akan menampung serta meneruskan email dari pengirim ke penerima email.

Mail server memiliki protokol khusus untuk melakukan pengiriman email dan penerimaan email. Untuk mengirim email, mail server memiliki protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Lalu, ada POP3 (Post Office Protocol) sebagai protokol untuk menerima dan menyimpan email.

Jika diibaratkan, mail server merupakan sebuah kantor pos virtual. Ketika Anda mengirim email ke seseorang, mail server akan mengidentifikasi alamat penerima. Barulah setelah itu email dikirimkan ke penerima.

Mail server biasanya digunakan para pebisnis karena dapat mengirim email marketing ke lebih banyak penerima sekaligus. Selain itu, mail server juga memiliki sistem keamanan khusus yang mampu mencegah spam email. 
Mail Server melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail server mampu menampung dan meneruskan email dari pengirim ke penerima email. 

3. Application Server

   Application server merupakan aplikasi komputer yang memberikan pelayanan atau melakukan proses pelayanan terhadap setiap permintaan akses yang dilakukan oleh setiap komputer pengguna / client yang terhubung dengan jaringan. Application Server ini digunakan untuk mengefisiensi eksekusi atas suatu prosedur (program, rutin, script) yang mendukung jalannya aplikasi yang diterapkan.  
Application server merupakan sebuah perangkat yang memberikan layanan atau melakukan proses layanan terhadap setiap permintaan akses dari client yang terhubung dengan jaringan. Komunikasi antara client dan application server ini dapat menggunakan protokol HTTP. 
    Application server ini mirip dengan web server yang sama-sama menyediakan layanan bagi client dan menggunakan protokol HTTP. Namun, terdapat satu hal yang membedakannya.

Web server biasanya digunakan untuk membuat website statis, di mana informasi konten di dalamnya tidak berubah. Sementara Application server biasa digunakan untuk membuat website atau aplikasi yang dinamis, seperti layanan pesan, aplikasi transaksi, dan lainnya.

Sebagian besar application server pun memiliki web server pada sebagian. Sehingga application server biasanya juga mampu menjalankan fungsi web server.  
Jadi, application server adalah server yang didesain untuk menginstal, mengoperasikan, dan meng-host aplikas. Server ini biasanya memang digunakan untuk berbagai tujuan seperti untuk menjalankan aplikasi website, mendistribusi dan memantau pembaruan perangkat lunak.

4. Database Server

    Database server adalah sistem komputer yang menyediakan layanan untuk mengakses dan mengambil data di database. Jenis server ini banyak digunakan perusahaan untuk menyimpan dan mengolah data serta informasi mereka.

Akses server database bisa dilakukan melalui tampilan pengguna (front end) atau melalui remote shell yang langsung mengakses ke server database (back end).

Untuk dapat mengakses server database, pengguna perlu menggunakan bahasa query sesuai databasenya. Salah satu bahasa query yang paling populer adalah SQL (Structured Query Language).
Database server merupakan jaringan komputer yang menyediakan akses kepada client untuk mengelola data dan informasi yang tersedia dari server. Database server saat ini terdiri dari empat jenis, yaitu flat file, relation, object, dan relational-object database.

Untuk fungsi utama dari server ini adalah memberikan pengguna untuk mengakses layanan big data yang terstruktur, sehingga dapat melakukan pencarian informasi secara cepat dan juga dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

5. FTP Server

    File Transfer Protocol atau FTP server adalah protokol internet yang memberikan akses data server hanya kepada satu jaringan saja. Untuk setiap client dapat melakukan transfer dokumen atau file melalui server. Untuk fungsi utama dari FTP server yaitu untuk memberikan pelayanan kepada client dan user untuk melakukan transfer data melalui server yang tersedia.
FTP (File Transfer Protocol) merupakan sistem yang dirancang untuk dapat terhubung ke server supaya pengguna dapat mendownload dan mengupload file.

FTP server juga dapat digunakan untuk mengirimkan file yang berukuran besar ke web hosting. FTP akan terhubung dengan file server dan menyediakan layanan pemindahan, download, dan upload file dengan menggunakan internet.

Fungsi dari FTP tersebut berbeda dengan File server yang hanya menyediakan data untuk pengguna komputer melalui jaringan komputer tertentu. Jadi, pengguna bisa lebih mudah dalam melakukan transfer file.



6. DHCP Server

    Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP Server adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengatur dan memberikan alamat IP ke komputer client secara otomatis.

DHCP server juga berfungsi melakukan pembaruan konfigurasi atau perubahan dari alamat IP, seperti alamat IP yang kadaluarsa atau perangkat portabel berpindah lokasi.

Pun proses konfigurasi yang dilakukan DHCP dapat meminimalkan error yang kerap terjadi jika dilakukan manual. Seperti kesalahan ketik atau terjadinya IP conflict.

DHCP server juga dapat digunakan dalam jaringan besar untuk memproses banyak permintaan client secara bersamaan. Dengan demikian, proses administrasi jaringan dapat lebih ringkas dan mudah.


Dynamic Host Configuration Protocol atau disingkat dengan DHCP server merupakan sebuah jaringan yang menjalankan akses layanan penyewaan IP Address, serta informasi berbasis TCP/IP kepada client. Fungsi utama dari DHCP ini adalah untuk memberikan layanan IP secara otomatis kepada client, host, maupun komputer pada jaringan TCP/IP yang melakukan request.

7. File Server

    File server merupakan jaringan komputer menyediakan kebutuhan data yang tersimpan pada disk. Lokasi disk menyimpan berbagai jenis file yang berupa gambar, video, dokumen, musik, dan file database yang lainnya. Server ini dirancang untuk dapat terintegrasi langsung dengan workstation.

File server juga dapat dianalogikan sebagai jantung dari sebuah server, yang mana memiliki kapasitas penyimpanan memori yang besar. Oleh karena itu, memungkinkan untuk mengatur informasi dan komunikasi antar jaringan komputer.

8. Proxy Server

    Proxy server memiliki peran penting sebagai perantara yang menghubungkan antara

user dengan web server. Jadi, setiap pengguna yang menggunakan jaringan internet, akan melewati proxy terlebih dahulu sebelum dilanjutkan menuju web server. Fungsi utama dari dari proxy server sendiri adalah untuk mengamankan IP Address user ketika mengakses dan menjelajahi internet melalui perangkat komputer.

Game server
Jenis server ini biasanya lebih cenderung digunakan oleh para penikmat game (gamer) dan pengembang (developer) game. Untuk saat ini, kebutuhan akan game server lebih berfokus pada permainan yang bersifat multiplayer online. Dimana dalam satu server, biasanya terdapat banyak sekali user game yang mengakses secara bersamaan. 

9, Game Server

     Game server terdiri dari dua jenis, yaitu game server internal dan eksternal. Untuk kebutuhan internal proses penyimpanannya melalui perangkat komputer sendiri. Apabila untuk kebutuhan eksternal akan disediakan langsung oleh developer game tersebut. 

10. Streaming Server

     Streaming server merupakan server yang menyediakan layanan untuk dapat memutar video secara langsung di situs website, seperti Youtube, Netflix, Viu, dan lainnya. Dengan adanya server ini, Anda dapat menikmati siaran suara maupun video berukuran besar tanpa perlu mengunduhnya terlebih dulu.


Fungsi

Selain memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan data dan informasi berkapasitas besar, server juga memiliki fungsi yang lain. Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dimiliki oleh server berkaitan dengan kebutuhan jaringan komputer. Secara umum server memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

a. Melayani Permintaan Komputer Client 

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, server akan melayani segala permintaan dari client untuk diproses. Baik itu permintaan data atau aplikasi untuk dijalankan oleh client.

Untuk mendukung fungsi tersebut, server biasanya menggunakan sistem operasi yang cepat dan aman. Jadi, client dapat bekerja lebih efektif dan tentunya aman. 

b. Menyimpan Data atau Informasi 

    Fungsi lainnya dari server adalah sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan dari client. Data yang tersimpan tersebut dapat berupa jenis dokumen dan informasi yang kompleks.

Untuk bisa menampung data yang banyak, server tentu harus memiliki kapasitas yang besar. Sehingga, client bisa menyimpan dan mengakses data bersama dengan client lainnya. 

c. Menyediakan Database untuk Dijalankan 

    Server juga memiliki fungsi menyediakan database sebagai penyimpan dan pengolah data. Biasanya perusahaan besar memanfaatkan fungsi ini untuk menerapkan big data.

Nantinya, semua data yang tersimpan dalam database dapat diolah dan diakses oleh pengguna. Dengan adanya layanan ini, banyak perusahaan dapat mengembangkan produk bisnisnya. 

d. Mengatur Lalu Lintas Transfer Data atau File 

    Server akan mengatur komunikasi dan transfer informasi pada client. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya server ketika banyak client yang akan mengajukan permintaan, bukan? Untuk itu, perangkat server biasanya memiliki kapasitas seperti hardisk dan RAM yang tinggi. 

e. Mengamankan dari Serangan Kejahatan 

    Terakhir, server juga dapat berfungsi untuk melindungi komputer atau website dari serangan hacker.

Setiap ada request data dari client, server akan mengecek alamat IP dan informasi lainnya. Jika terdapat hal yang mencurigakan, seperti ancaman malware, server dapat mencegah akses alamat IP tersebut. Dengan begitu, data-data yang tersimpan pada komputer atau website dapat tetap aman.

f. Server aplikasi

    Fungsi dari server aplikasi adalah untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diolah dan diakses oleh client. Server aplikasi berperan penting untuk membantu kebutuhan bisnis dalam mengelola berbagai dokumen atau produk aplikasi sebuah perusahaan

g. Server proxy

    Fungsi dari server proxy sendiri adalah untuk mengatur jalannya lalu lintas (traffic) pada jaringan melalui konfigurasi proxy. Sederhananya, server proxy berperan untuk menghubungkan antara komputer client dengan jaringan internet.

h. Server data

    Server data digunakan untuk tempat penyimpanan data, baik yang belum diolah maupun yang sudah berbentuk sebuah informasi. Nantinya, data tersebut dapat diakses dan dikelola oleh pihak client dengan bantuan aplikasi yang berada di dalam server.


Note Kesimpulan : 

Server adalah sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus, terutama dalam mengelola penyimpanan data dan informasi. Terdapat setidaknya 8 jenis server yang sering digunakan, yaitu web, file, proxy, database, DHCP, FTP, game, dan mail server. Terdapat tiga fungsi utama dari penggunaan server, yaitu server aplikasi, data, dan proxy. Manfaat yang paling utama dari penggunaan sebuah server adalah mampu untuk mengoptimalkan kebutuhan kerja tim dan menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar dengan berbasis jaringan komputer. Server adalah sistem komputer yang memiliki resource yang besar dan layanan khusus untuk kebutuhan komputer atau perangkat lainnya (client).

Server juga memiliki beberapa jenis yang bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Misalnya, web server yang berfungsi untuk menjalankan website. Lalu, mail server khusus untuk pengiriman dan penerimaan email. Serta, DHCP server untuk mengatur konfigurasi alamat IP dengan lebih efektif.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.