Komponen Dasar Programmer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Dasar Programmer

 Komponen Dasar Programmer

Komponen Dasar Programmer

Programmer adalah seseorang yang membuat, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak (software) menggunakan berbagai bahasa pemrograman dan alat (tools) yang tersedia. Berikut adalah beberapa komponen dasar yang diperlukan oleh seorang programmer :

1. Code Editor 

    Code Editor adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh bahasa C dan C Plus untuk menuliskan kode yang telah didesain oleh programmer. Editor yang disediakan pada umumnya sama dengan yang disediakan oleh perangkat lunak lain. 


2. Interpreter

    Sebagian besar perangkat lunak bahasa pemrogaman menyediakan fasilitas Interpreter. Demikian juga dengan bahasa. Interpreter digunakan untuk membaca kode yang telah ditulis oleh programmer untuk diterjemahkan oleh Interpreter C dan C Plus. Sehingga sekumpulan kode yang telah ditulis dapat berjalan sesuai dengan syntax yang telah ditentukan oleh bahasa C dan C Plus.

3. Compiler 

    Tidak semua perangkat lunak bahasa pemrogaman menyediakan fasilitas Compiler. Tetapi untuk bahasa C dan C Plus, Fasilitas ini disediakan. Compiler digunakan untuk mentranslator sekumpulan kode yang ditulis sesuai dengan syntax yang telah ditentukan oleh bahasa C ke bentuk yang lain. Dalam hal ini diubah ke dalam bentuk bahasa Assembly sehingga selanjutnya akan menghasilkan suatu file execute (.exe), dimana file tersebut dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan perangkat lunak lainnya.

4. Debugging 

    Bahasa C & C Plus menyediakan fasilitas debugging yang dapat digunakan untuk menelusuri setiap kode yang telah ditulis. Sehingga programmer dapat mengetahui perubahan dan pegaruh serta kesalahan setiap kode per baris yang telah ditulis. Fasilitas debug yang disediakan antara lain : 
  • Debug per baris.
  • Debug per prosedur  fungsi.
  • Debug per breakpoint.

5. Bahasa Pemrogaman

     Alat yang digunakan untuk menulis kode program. Seorang programmer perlu memahami setidaknya satu bahasa pemrograman dan dapat memilih bahasa yang sesuai dengan tugas yang dihadapi
Itu adalah beberapa komponen dasar yang diperlukan oleh seorang programmer. Pemrograman adalah keterampilan yang luas dan terus berkembang, jadi menjadi programmer yang sukses juga melibatkan komitmen untuk pembelajaran berkelanjutan dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi yang digunakan.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.