Apa Itu NFT ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu NFT ?

 Apa Itu NFT ? 

Apa Itu NFT

Apa Itu NFT ?

NFT (Non-Fungible Token) merupakan sebuah aset digital yang identitas dan pemiliknya untuk di verifikasi pada menggunakan teknologi block chain.  NFT umumnya dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni digital ke pasar market. NFT dapat digunakan untuk mengkomodifikasi karya digital seperti seni digital, benda pada permainan video, dan berkas musik. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Barang yang dapat dibeli meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya.

Cara Kerja

NFT merupakan bagian cara teknologi dari blockchain, sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna bisa saling transfer data secara rahasia, melalui skema enkripsi dalam kriptografi.

Skema itu bisa mengonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki datanya.

Ada banyak data dalam blockchain, salah satunya adalah mata uang kripto seperti Ethereum, Bitcoin, dan sebagainya. 

Nah, bentuk data dalam sistem blockchain itu kian berkembang, salah satunya adalah sertifikat digital NFT.

Sebagaimana disebut di atas, sertifikat digital pada NFT ini biasanya ditanamkan pada gambar, foto, video, atau karya-karya seni digital lainnya. 

Teknologi Blockchain seperti Ethereum dan Flow mata uang kripto masing-masing memiliki standar tokennya sendiri untuk menentukan penggunaan NFT mereka  NFT dalam memperdagangkan pada volume yang sangat meningkat.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.