Skill Yang Dibutuhkan Seorang Full Stack Developer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skill Yang Dibutuhkan Seorang Full Stack Developer

 Skill Yang Dibutuhkan Seorang Full Stack Developer

Skill seorang full stack developer

Secara garis besar, full stack developer adalah seseorang yang bekerja 2 sekaligus bertugas sebagai front end (halaman tampilan website) dan back end (menguji halaman website). Berikut ini skill yang dibutuhkan seorang Full Stack Developer :

1. Menguasai Back End

     Anda harus menguasai beberapa bahasa pemrograman dalam melakukan, perencanaan, implementasi dan pengujian projek untuk tampilan website. Terutama seorang Full Stack Developer tentunya harus menguasai bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP). Contoh bahasa pemrograman yang untuk menguasai back end developer adalah Python, PHP, Ruby, Java, Perl serta framework dari bahasa pemrograman itu sendiri.

2. Menguasai Front End

     Front end adalah seseorang yang bisa melakukan desain, menganalisa dalam membuat tampilan halaman website antara desain dengan back end (menguji tampilan website). Contoh bahasa pemrograman yang untuk menguasai front end developer adalah HTML, CSS dan juga JavaScript

3. Menguasai Desain UI / UX

     Anda harus memahami prinsip dasar keterampilan desain prototipe. Hal ini yang dapat memudahkan user (UX - User Experience) dalam pengguna (UI - User Interface).

4. Menguasai Database

     Kemampuan menangani banyak basis data database itu merupakan keahlian terbesar seorang Full Stack Developer. Saat ini opsi database cukup banyak tersedia, seperti MySQL, MongoDB, Redis, Oracle dan lain - lain. Penggunaan opsi database dapat disesuaikan dengan skalabilitas (kebutuhan) projek anda.

5. Kemampuan Soft Skill

    Seorang full stack developer harus beradaptasi dengan kemampuan soft skill yang anda miliki, seperti :
- Kemampuan berpikir kritis
- Kemampuan berkomunikasi yang baik
- Selalu update perkembangan teknologi baru

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.