Tips Belajar Pemrogaman Secara Otodidak - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Pemrogaman Secara Otodidak

 Tips Belajar Pemrogaman Secara Otodidak

Tips Belajar Pemrogaman Secara Otodidak

Belajar pemrogaman secara otodidak pada zaman sekarang semakin mudah dilakukan. Karena, terdapat banyak sumber media belajar pemrogaman yang dapat diakses. Informasi yang didapat pun dapat lebih cepat dan lebih mudah diterima. Berikut ini tips buat kamu yang sedang belajar pemrogaman secara otodidak :

1. Tentukan Bahasa Pemrogaman

    Bahasa pemrogaman yang sedang berkembang akhir - akhir ini sangatlah banyak. Pilih salah satu bahasa yang kamu senangi, karena pada dasarnya tidak semua bahasa pemrogaman harus kamu pelajari secara bersamaan.

2. Cari Materi Belajar Yang Lengkap

    Sebelum menentukan materi belajar yang akan kamu pelajari, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan :
  • Sumber belajar
  • Modul yang lengkap, terstruktur dan tersusun

3. Buat Jadwal Belajar Yang Teratur

    Ketika belajar, konsistensi waktu belajar sangatlah penting. Sediakan waktu 1 - 2 jam perhari untuk belajar sudah dirasa cukup. Asalkan kamu fokus dan tidak melakukan hal lain selain dari belajar, maka kamu akan lenih mudah menyerap dalam memahami materi.

4. Perbanyak Praktek

    Tidak hanya dihafal, seseorang yang sedang belajar programming harus memperhatikan code yang sedang dia pelajari. Semakin banyak praktek, maka kemampuan codingnya akan semakin baik dan dapat menghafal codenya diluar kepala. 

5. Jangan Copy - Paste

    Dalam belajar pemrogaman, hal yang tidak boleh dilakukan adalah Copy - Paste. Bila Copy - Paste, kemampuanmu akan terbatas seperti tutorial yang kamu lihat dan tidak dapat mengembangkan kreaktivitasmu saat membuat program. Ingat untuk selalu melakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

6. Coba Perbaiki Sendiri

    Saat belajar ngoding tentu saja kita akan membuat kesalahan. Sebelum mencari tahu jawabannya via internet, cobalah untuk lebih teliti mencari kesalahan yang kita buat pada codingan kita.

7. Istirahat

    Last but not least, Istirahat. Yap, istirahat sangat penting ketika kita sedang belajar karena ngoding adalah kegiatan yang sangat menggunakan otak. Oleh sebab itu istirahat sangat penting agar otak kita dapat beristirahat sehingga kita bisa lebih fresh dan juga fokus ketika kembali belajar ngoding.

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.