Apa Itu Reksa Dana Saham ? - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Reksa Dana Saham ?

 Apa Itu Reksa Dana Saham ?


Jika anda belum bisa menganalisa saham, anda bisa berinvestasi dengan menggunakan dalam bentuk saham, Lebih baik anda memasukkan uangnya ke dalam bentuk investasi yang lain hampir mirip dengan reksa dana. Reksa (Tempat) Dana (Uang) Saham (Diinvestasikan), artinya uang - uang yang dikumpulkan dalam satu tempat untuk dikelola dalam suatu bentuk investasi oleh Manajer Investasi. Tugas Manajer Investasi Uang yang mau dibelikan produk investasi apa saja, contohnya deposito, obligasi, surat utang atau saham. Dalam hal reksa dana saham berarti dia akan belikan produk investasinya ke dalam bentuk saham. Total jumlah aset uang di kelola Manager Investor disebut AUM (Asset Under Management).

Jadi, Reksadana adalah tempat mengumpulkan uang atau dana investasi dari masyarakat yang selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi dalam berbagai instrumen investasi. Manajer investasi mengelola dan menginvestasikan dana secara profesional dalam Reksadana. Jenis Produk Reksa dana kan ada beberapa jenis reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan uang, reksa dana pasar uang. Ada berbagai cara untuk berinvestasi dalam bentuk saham :
  1. Beli saham sendiri (Yang saat ini belum bisa kamu lakukan karena belum bisa menganalisis saham)
  2. Dibelikan saham oleh Manager Investasi (Konsep Investasi Reksa dana saham).
Perbedaan pilihan 1, anda jadi punya lembaran saham sendiri, karena anda memiliki secara langsung  beli di pasar modal  (disebut dengan Investor karena punya lembaran saham yang dibeli). Pilihan ke dua, walaupun anda membeli saham juga, tapi anda membeli karena secara tidak langsung lewat oleh Manger Investasi (anda belum bisa dibilang sebagai pemegang saham), tapi dalam reksa dana disebut Unit Penyertaan (UP).

Anda bisa membeli saham melalui lewat aplikasi yang terdaftar di OJK, salah satunya aplikasi Bibit (APERD  : Agen Penjual Efek Reksa Dana atau jualan Reksa dana). Jadi, di dalam aplikasi Bibit ini tersedia bermacam - bermacam oelh Manager Investor yang siap mengelola dana yang anda punya dan anda bisa mulai berinvestasi dengan hanya modal 100 ribu. Untuk keamanannya, anda gk perlu khawatir, karena aplikasi Bibit sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi dana (uang) anda aman, dana anda juga tidak akan tiba - tiba dibawa kabur oleh Manager Investasi, karena dia tidak memegang uang anda secara langsung oleh Manager Investasi, melainkan di sebuah Bank Kustodian (Bank yang berperan dalam pengelolaan dana investasi reksadana dimana tugasnya menyimpan portofolio efek dan berbagai sertifikat berharga lainnya. Dalam menjalankan fungsinya, lembaga kustodian harus mendapatkan izin dan persetujuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Anda boleh beli saham secara langsung dengan ilmu atau tanpa ilmu, (Tidak ada yang melarang) Tapi, akan jauh lebih bijak seandainya, apabila saat ini anda belum tau lebih baik diserahklan aja dana (uang) ke orang yang memang udah tau ilmunya, tinggal bayar jasa Manager Investasi. Tapi anda juga harus memastikan, orang tersebut aman gak untuk dititipkan oleh dana (uang) dalam bentuk investasi saham.



Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.