Tugas Pekerjaan Seorang Network Engineer - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pekerjaan Seorang Network Engineer

Tugas Pekerjaan Seorang Network Engineer

Tugas Pekerjaan Seorang Network Engineer

Seorang Network Engineer adalah seorang profesional di bidang teknologi informasi yang bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan menjaga infrastruktur jaringan komputer suatu organisasi. Tugas utama seorang Network Engineer adalah memastikan keandalan, keamanan, dan kinerja jaringan komputer agar organisasi dapat beroperasi dengan efisien.

Internet 

Saat ini, jaringan internet merupakan kebutuhan utama banyak perusahaan. Hal ini membuat network engineer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan. Berikut ini tugas profesi seorang network engineer.

1. Mendesain Jaringan 

     Atau lebih dikenal dengan istilah network architecture. Dalam proses ini, mereka bertugas untuk membuat kerangka untuk komponen fisik, organisasi, serta konfogurasi fungsional untuk setiap jaringan yang digunakan.

2. Mendukung Penggunaan Jaringan

    Seorang Network Engineer perlu memahami jaringan internet, hingga install dan konfigurasi untuk mengelola database dan server perusahaan. Hal ini meliputi router, proxy servers, switches, WAN accelerators, DNS dan DHCP. 

3. Menciptakan Jaringan Yang Efisien Dan Aman

    Salah satu masalah jaringan internet adalah harga dan keamanan. Maka dari itu, seorang Network Engineer dituntut untuk menciptakan jaringan internet yang efisien dan aman.

4. Memimpin Proses Pengadaan Logistik

    Meski berstatus engineer, mereka juga kerap dituntut untuk memimpin proses pengadaan peralatan. Proses pengadaan ini meliputi mencari kontraktor yang menjual peralatan jaringan dalam jumlah besar.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.