3 Skill Dasar Keuangan Yang Harus Kamu Miliki - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Skill Dasar Keuangan Yang Harus Kamu Miliki

 3 Skill Dasar Keuangan Yang Harus Kamu Miliki


Punya banyak uang bukan berarti kamu pandai mengelola keuangan. Begitu juga dengan kamu yang punya dana pas - pasan. Kemampuan mengelola keuangan bergantung pada situasi dan kebutuhan masing - masing individu. Berikut ini 3 skill dasar dalam keuangan agar bisa mengelola keuangan dengan baik. 

1. Mencari Uang

      Umumnya orang mendapatkan uang dari bekerja. Kecuali kalau kamu sudah terlanjur kaya tujuh turunan dan sudah bisa hidup dari bunga deposito. Namun, sebagian besar orang harus bekerja di perusahaan atau buka usaha untuk mendapatkan orang. Kalau pekerjaan regulermu dirasa belum cukup untuk memenuhi sehari - hari, kamu harus mencari pekerjaan sampingan. Ikuti perkembangan zaman dan amati kebutuhan pasar untuk melihat berbagai peluang yang ada. 
       Ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Kamu bisa mendapatkan uang dengan mengisi survey online berbayar, affiliate marketing hingga membuat konten. 

2. Mempertahankan Uang 

      Ada ungkapan lebih susah mempertahankan daripada mendapatkan. Ungkapan tersebut berlaku juga dalam keuangan. Kalau kamu tidak cermat mengatur pengeluaran, uang yang sudah kamu dapatkan secara susah payah bisa boros begitu saja. Mengatur pengeluaran terdengar seperti konsep yang sepele. Namun, praktiknya tak semudah itu. Ada banyak sekali detail - detail jebakan yang akhirnya membuat keuanganmu selalu pas - pasan. Pas akhir bulan, pas duitnya habis. 
        Kalau kamu punya mimpi untuk pensiun dini dan menikmati hidup, situasi pas - pasan di atas harus dihindari sebisa mungkin. Untuk melakukannya, kamu harus mengendalikan pengeluaran sebisa mungkin. Kurangi hal - hal yang tak terlalu dibutuhkan. Selfie reward setelah seharian bekerja memang penting, tapi tak lebih penting dari kebutuhan pokok dan tujuan jangka panjangmu. 

3. Menambah Uang

     Sumber penghasilan tidak hanya datang dari bekerja. Kamu bisa menambah penghasilan kekayaan dengan berinvestasi. Sekarang ini, kamu bisa berinvestasi dengan lebih mudah melalui berbagai platform dan aplikasi online. Namun, jangan terburu-buru dalam memilih investasi. Biasanya di balik iming-iming return yang tinggi, ada resiko yang tinggi pula. Investasilah secara bijak. Mulai dari yang kecil, seperti deposito, reksa dana atau emas. 

Banyak orang yang bisa mencari uang. Tapi tak banyak yang bisa mempertahankan dan menambah uang. Kuasai 3 skill dasar di atas untuk meningkatkan literasi keuangan kamu. 
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.