Cara Berinvestasi Saham Untuk Pemula - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berinvestasi Saham Untuk Pemula

 Cara Berinvestasi Saham Untuk Pemula


Untuk kamu yang masih pemula, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan agar bisa menghasilkan investasi saham yang menguntungkan. Beriku ini adalah tips cara berinvestasi saham. 

1. Kenali produk investasi saham

    Salah satu kunci investasi saham yang menguntungkan, yaitu jangan pernah membuat keputusan yang salah dalam berinvestasi. Kamu bisa belajar mengenai berbagai hal dengan menggunakan handphone atau komputer saja, untuk belajar memanfaatkan wawasan pengetahuan. Cara itu terlebih dahulu mengenai apa itu saham dan apa saja resiko serta keuntungan dari investasi saham itu sendiri. Selain itu, jangan lupa juga untuk kenali dan pelajari produk investasi saham yang tersedia saat ini. Inilah yang menjadi tugas utama kamu, yaitu mempelajari investasi saham sebanyak-banyaknya.

2. Memilih perusahaan sekuritas

     Langkah selanjutnya menuju investasi saham yang menguntungkan yaitu memilih perusahaan sekuritas. Di Indonesia itu sendiri, perusahaan sekuritas yang dijadikan sebagai tempat para investor dalam membeli saham sudah berjumlah cukup banyak. 

3. Membuat rekening saham

    Langkah ketiga untuk menghasilkan investasi saham yang menguntungkan, yaitu dengan membuka rekening saham di perusahaan sekuritas yang telah kamu pilih. Selain itu, pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas biasanya juga memerlukan modal awal untuk melakukan transaksi jual-beli saham. Syarat untuk pembelian saham yang minimal 1 lot (100 lembar saham). Kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa perusahaan sekuritas yang memberi setoran awal hanya 100 ribu saja.

4. Memilih saham

    Nah, setelah kamu memiliki rekening saham, maka langkah selanjutnya yaitu dengan membeli sejumlah saham yang kamu inginkan. Hanya saja, perlu diketahui bahwa kamu juga tidak bisa asal membeli. Carilah tempat investasi saham yang menguntungkan namun juga memiliki resiko kecil. Dalam memilih saham yang tepat, maka kamu perlu melakukan analisa terlebih dahulu mengenai kondisi perusahaan yang sahamnnya akan dibeli. Untuk mengetahui saham apa saja yang terdaftar sekaligus, kamu bisa langsung mengunjungi situs BEI.

5. Waktu transaksi harga saham

    Terdapat dalam 2 cara yang bisa kamu lakukan dalam waktu unntuk transaksi saham, yaitu dengan cara menjual atau membeli saham. Ketika diperlukan, anda bisa menjual saham yang kamu miliki atau membelinya, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan. Membeli atau menjual saham bisa dilakukan secara langsung oleh kamu sendiri, yang nantinya dimana uang hasil penjualan akan ditransfer secara otomatis ke rekening saham kamu.

6. Menganalisa laporan keuangan harga saham

    Ketika berinvestasi, semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan dan terhindari dari kerugian. Namun, mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki resiko paling tinggi. Banyak sekali faktor - faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan ataupun penurunan harga saham, seperti ekonomi, politik dan masih masih banyak lagi. Maka dari itu harga saham sebaiknya harus kamu perhatikan dalam menganalisa harga saham, karena bisa saja harga tersebut turun sekarang, namun akan naik di masa yang akan datang.
    Meskipun investasi saham memang terbukti memiliki resiko yang tinggi, tetapi bukan bearti kamu sebagai pemula tidak bisa menganalisa harga saham. Hanya dengan mengikuti beberapa langkah investasi saham yang menungkung sesuai dengan apa yang transaksi, agar kamu bisa sukses berinvestasi saham. Khususnya bagi kamu yang pemula tidak menggunakan jasa manager investasi, ada baiknya apabila kamu bisa membaca dan menganalisa laporan keuangan harga saham di pasar modal dan kapan kamu harus membeli maupun menjual saham agar dapat menjadi investasi saham yang menguntungkan. Contoh engalaman belajar investasi saham bagi pemula :

1. Pahami Investasi Saham

    Apa itu investasi saham ?
    
    Kesalahan terbesar saat berinvestasi saham adalah ingin untung cepat, bukannya untung, saya malah buntung. Dari situ, saya belajar bahwa berinvestasi saham menjadi sangat penting untuk pemula. Karena semua strategi, cara bermain dan aspek lain dalam investasi saham sangat dipengaruhi pemahaman dan perspektif kita soal apa itu investasi saham. Menurut saya, beli atau main saham pada dasarnya adalah investasi dalam suatu usaha atau bisnis. Saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.
    Dengan membeli saham, saya artinya menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada management professional yang saya percaya bisa mengelola bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan.

2. Melihat Reksadana

     Jika belajar saham untuk pemula, salah satu cara paling mudah memilih saham adalah melihat saham yang dipegang oleh Manager Investasi yang mengelola reksadana saham. Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham - saham yang diinvestasikan oleh reksadana saham.

3. Saham Blue-Chip

    Apa saham yang bagus untuk investasi jangka panjang ?
    Apa pilihan saham untuk pemula ? Cara buat pemula dalam belajar saham adalah fokus ke saham - saham blue-chip
    Apa itu saham blue-chip ?

    Saham blue-chip adalah saham dari perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa. Jenis saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan. Berikut ini contoh beberapa saham blue-chip di Bursa Efek Indonesia, yang bisa menjadi pilihan saham untuk pemula, yaitu :
  • Saham BCA (kode IDX : BBCA) adalah bank terbaik di Indonesia dengan jaringan ATM terbesar, jutaan jumlah nasabah dan paling penting menghasilkan profit besar buat pemegang saham.
  • Unilever Indonesia (kode IDX : UNVR) adalah perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia dengan berbagai brand produk rumah tangga yang sudah tidak asing di masyarakat. Kinerja keuangan UNVR adalah salah satu yang terbaik di bursa dengan kemampuan saham ini mencetak laba secara konsisten.

    Tiga saham blue-chip diatas adalah pilihan saham untuk pemula yang ingin baru belajar investasi saham. Pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham - saham blue-chip tersebut.

4. Waktu Investasi Saham

     Sebagai salah satu instrumen investasi, saham pasti memiliki resiko di perdagangan pasar modal. Bagaimana cara mengelola resiko di investasi saham untuk pemula yang baru belajar main saham. Sebagai investor, anda pasti ingin dana yang diinvestasikan segera menghasilkan keuntungan. Ingin segera menghasilkan return tinggi, selalu kuat di investasi saham senakin cepat dan senakin baik.
    Menurut saya bisnis butuh proses,butuh waktu, untuk berkembang yang akhirnya memberikan hasil kepada investor. Investasi saham merupakan investasi jangka panjang, bahwa beli saham artinya saya investasi di suatu bisnis. Dengan investasi saham, butuh waktu agar uang anda berkembang dan tumbuh di saham.

5. Harga Saham

    Pengalaman saya, pekerjaan paling sulit di investasi saham adalah menentukan kapan harga saham paling mahal atau harga paling murah. Karena banyak sekali faktor yang saling berhubungan yang mempengaruhi harga saham. Saat anda baru belajar investasi saham, anda akan melihat portofolio investasi harga saham. Anda harus yakin bahwa saham yang anda beli adalah perusahaan yang punya kinerja dan keuangan baik. Kalau setiap hari harus mengecek harga saham, lalu anda khawatir stress melihat harga saham yang turun naik, investasi saham menjadi tidak bisa dinikmati. 

    Cara menikmati investasi waktu dan harga saham ?

    Saham adalah jenis investasi yang jika dilakukan benar memberikan kebebasan finansial. Anda bisa tetap bekerja dan membiarkan investasi Anda dijalankan oleh para manager profesional. Saya tidak melihat harga saham setiap hari, karena saya percaya bahwa management profesional yang mengelola perusahaan mampu meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan. Yang saya lakukan secara rutin adalah membaca dan riset kinerja perusahaan tersebut. Menganalisa laporan keuangan, mengecek riset laporan secara rutin yang disediakan oleh sekuritas.
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.