Tips Menghindari Fintech Pinjol Ilegal - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghindari Fintech Pinjol Ilegal

Tips Menghindari Fintech Pinjol Ilegal

Tips Menghindari Fintech Pinjol Ilegal

Secara umum, Fintech adalah sebuah inovasi keuangan yang menggunakan teknologi. Produknya bermacam - macam mulai dari crowdfunding, micro financing, P2P Lending, Market comparison hingga digital payment system. P2P Lending jadi yang paling banyak tumbuh di Indonesia.

Tapi, pertumbuhan fintech terutama aplikasi pinjaman online juga turut dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan kejahatan. Mereka akan mengambil data pribadi kamu dan bisa di salahgunakan. Tidak cuma itu saja, fintech ilegal juga rentan terhadap kasus penipuan atau penggelapan. Berikut ini beberapa tips menghindari pinjol ilegal di bawah ini.

1. Pastikan Aplikasi Terdaftar dan Diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi OJK. Karena kalau sudah terdaftar dan diawasi OJK, maka keamanannya tidak perlu kamu ragukan lagi. Perusahaan pinjol sudah berjalan sesuai regulasi OJK.


2. Jangan Mudah Tergiur Keuntungan

    Pinjol ilegal sering menjanjikan untung besar dalam produknya. Jangan langsung tergiur dengan iming - iming keuntungan besar. Ingat, tidak ada cara  untuk dapat uang banyak secara instan dan tanpa usaha, tetap membutuhkan usaha serta pengorbanan.


3.  Hubungi OJK

    Kalau kamu bingung, kamu dapat bertanya langsung pada OJK melalui telepon di nomor 157. Kamu juga menghubungi OJK lewat WhatsApp 081-157-157-`157. Tidak hanya soal fintech ilegal, kamu pun dapat melaporkan kalau menemukan fintech ilegal.

Selain itu, pihak berwajib telah berupaya melakukan pemeriksaan. Dalam periode waktu tertentu, OJK merilis daftar fintech ilegal. Di dalamnya terdapat daftar fintech ilegal dengan jenis usaha berbeda mulai dari pinjaman online, investasi, judi, hingga arisan online. Pastikan kamu mengecek kredibilitas fintech di halaman OJK, ya  !!!

Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.