5 Instrumen Investasi Paling Banyak Diminati - Blog Rizki M Farhan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Instrumen Investasi Paling Banyak Diminati

5 Instrumen Investasi Paling Banyak Diminati 

5 Instrumen Investasi Paling Banyak Diminati

Masyarakat Indonesia sudah mulai paham finansial. Tidak hanya menabung, sudah banyak juga orang yang mulai mencoba berinvestasi. Menurut laporan survei bahwa masyarakat Indonesia telah memiliki kesadaran yang lebih baik dalam berinvestasi. Berikut ini 5 instrumen investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

1. Reksadana

    Reksadana (47%) masih diminati instrumen investasi paling banyak  dipilih oleh masyarakat Indonesia. Instrumen investasi ini memang sangat direkomendasikan untuk investor pemula. Modal dan resiko cukup kecil, jika dibanding dengan instrumen lainnya. Reksadana juga digunakan untuk diversifikasi karena keamanan dan kestabilannya.

2. Emas

    Salah satu kelebihan investasi emas adalah tahan inflasi. Harganya cukup stabil. Disamping itu, likuiditas yang tinggi membuat emas dapat dijuak dengan cepat. Itulah mengapa resiko yang dimiliki investasi jenis ini terbilang kecil. Makanya 46% orang memilih emas sebagai instrumen investasi, Emas juga dikenal tahan terhadap inflasi.

3. Saham

    Investasi saham diminati oleh 32% responden. Tapi, kamu harus pertimbangkan resikonya. Investasi saham punya resiko yang lumayan tinggi. Resiko yang tinggi diimbangi dengan keuntungan yang juga besar. Maka dari itu, harus pintar melihat peluang dan strategi.

4. Logam Mulia

    Emas termasuk dalam logam mulia. Namun, Investasi logam lebih banyak pilihan jenisnya. Bentuknya juga beragam yaitu koin, batangan hingga sertifikat. Kadar kemurniannya logam mulia juga bisa berbeda dengan emas perhiasan. Begitu juga harganya dipasaran, harga logam mulia seringkali lebih tinggi sebanyak 30% masyarakat memilih logam mulia sebagai instrumen investasi.

5. Deposito

    Untung yang diperoleh berasal dari suku bunga yang tinggi melebihi tabungan biasa. Semakin lama kamu menyimpan uang, otomatis bunganya juga akan bertambah banyak yang terkumpul. Tapi, kamu tidak bisa menarik uang yang sudah kamu simpan sampai waktu yang kamu tentukan. Keuntungan dan keamanan deposito menarik minat 29% masyarakat.

Setiap instrumen pasti punya kelebihan dan kekurangannya. Namun, kamu bisa berinvestasi di lebih dari 1 instrumen.     
Rizki M Farhan
Rizki M Farhan Saya adalah seorang penulis konten artikel untuk belajar yang membahas Teknologi Layanan Pendidikan Internet.